Sukses

Lifestyle

5 Tips Sederhana Mengatasi Krisis Keuangan Bagi Generasi Milenial

Fimela.com, Jakarta Rasa takut pada kejadian menyedihkan yang dapat mengubah kondisi keuangan seperti kehilangan pekerjaan, kemiskinan atau keadaan darurat medis mendandak, bisa menjadi mimpi buruk bagi siapa pun. Ketakutan itu mengharuskanmu melakukan perubahan besar dalam hidup. Namun, krisis keuangan dapat diatasi kembali dengan mengendalikan diri dan mengambil tindakan tegas. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Sahabat Fimela termotivasi untuk mengendalikan keuangan dengan baik seperti berikut ini.

Identifikasi Masalah

Langkah pertama untuk mengatasi krisis keuangan adalah dengan mengindentifikasi masalah utama yang menyebabkan kesulitan. Masalah keuangan umumnya merupakan indikasi dari masalah yang lebih besar dan untuk mendapatkan solusi jangka panjang, dirimu harus mengindentifikasi penyebab sebenarnya dari masalah keuanganmu. Gagasan di balik pentingnya mengungkap masalah tertentu adalah untuk menghasilkan solusi.  

Buat Anggaran

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah keuangan adalah membuat rencana anggaran. Anggaran adalah rencana pengeluaran mingguan, bulanan, atau tahunan untuk keuanganmu. Pertimbangkan hal-hal penting yang perlu untuk dipenuhi terlebih dahulu. Saat dirimu membuat anggaran, penting untuk melacak pengeluaran setidaknya selama beberapa minggu (satu bulan paling baik) untuk melihat secara objektif di mana berapa banyak uang yang dirimu belanjakan.

Tetapkan Prioritas Keuangan

Menentukan prioritas keuangan sangat penting untuk mengatasi krisis keuangan apa pun. Prioritas ini membantumu membuat keputusan keuangan yang sulit seperti melunasi tagihan kartu kredit, membanyar hipotek, atau menabung untuk perbaikan rumah bagi keluargamu. Menetapkan prioritas akan membantumu memecahkan masalah keuangan dan kembali menjadi lebih baik. Prioritaskan keuanganmu, harus mencakup mencari cara baru untuk mendapatkan uang, seperti pekerjaan sampingan.

Atasi Masalahnya

Bagi kebanyakan orang, masalah keuangan dapat diatasi dengan mengurangi pengeluara dan meningkatkan pendapatan atau sedikit kobinasi dari keduanya, tetapi ini mungkin bukan pilihan ideal untuk semua orang. Jadi untuk menghadapinya, ambilah langkah kecil untuk mencapai tujuan karena perubahan besar selalu menjadi lebih sulit.

Kembangkan Rencana

Setelah Sahabat Fimela memiliki ide untuk mengatasi kesulitan keuanganmu, buatlah rencana yang realistis untuk mencapai tujuan keuangan dengan jangka waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bertahun-tahun dan lacak kemajuan secara terus menerus.

Semua orang tentu memiliki cara untuk mengatasi krisis keuangan mereka masing-masing. Nah, Sahabat Fimela bisa menggunakan cara di atas atau bahkan mungkin dirimu memiliki cara yang lebih efektif lagi?

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

What's On Fimela
Loading