Sukses

Lifestyle

Aku Bangga Berada di Tanah Surga, Indonesia

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti punya pengalaman tak terlupakan terkait negeri kita tercinta Indonesia. Ada kebanggaan yang pernah kita rasakan sebagai bagian dari Indonesia. Kebanggaan terhadap keindahan alam Indonesia, kekayaan tradisi dan budaya, kecintaan terhadap masyarakat Indonesia, dan lain sebagainya. Kita pun punya cara tersendiri dalam mengartikan kebanggaan terhadap tanah air ini. Melalui Lomba Share Your Stories Bulan Agustus: Bangga Indonesia ini, Sahabat Fimela bisa berbagi cerita, pengalaman, dan sudut pandang tentang hal tersebut.

***

Oleh:  Anindita P.

Orang bilang tanah kita tanah surga

Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

Ada yang pernah mendengar atau familier dengan potongan lirik lagu tersebut?  Yap, lirik lagu tersebut merupakan potongan lagu berjudul "Kolam Susu" yang dipopulerkan oleh Koes Plus. Tidak salah jika Koes Plus menyebut Indonesia sebagai tanah surga. Bagi saya pribadi pujian tersebut tidaklah berlebihan untuk disematkan pada Indonesia. Pasalnya Indonesia merupakan negara yang sangat kaya raya di berbagai aspek. Nah, tinggal kita saja mampu dan mau atau tidak mengelola kekayaan yang kita miliki ini. 

Jika berbicara dari segi suku bangsa menurut data sensus BPS tahun 2010,  saat ini negara kita memiliki kurang lebih sebanyak 1.340 suku bangsa. Coba sebutkan suku-suku lain yang kalian tahu selain Jawa, Sunda dan Batak. Sementara itu Badan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat saat ini Indonesia memiliki 718 bahasa daerah. Banyak sekali kan? Dengan banyaknya suku yang tersebar di seluruh Indonesia ini, tentunya memperkaya juga ragam model rumah dan pakaian adat. 

 

Bagai Surga Dunia

Tidak cuma punya keragaman budaya yang banyak, tapi objek wisata di Indonesia ada luar biasa banyaknya. Mau jenis wisata budaya, kita punya aneka candi seperti Candi Penataran, Prambanan Borobudur dan masih banyak lagi. Mau wisata alam? Pilih deh, pantai, gunung, atau hutan. Kita punya Gunung Bromo, Raja Ampat, Kawah Ijen, Taman Laut Bunaken, Danau Toba, Karimun Jawa dan lainnya. Meskipun di masa pandemi Covid-19 ini kita kudu rem dulu rencana dan keinginan berliburnya. 

Selanjutnya kekayaan kuliner di Indonesia. Siapa sih yang tidak suka makan? Ada berapa banyak makanan khas Indonesia yang sudah pernah kalian cicipi? Uniknya, meskipun sama-sama makanan lokal Indonesia tetapi tiap daerah punya cara meracik dan menyajikan masakannya masing-masing. Apa yang kita sebut soto misalnya, itu saja bisa beda-beda lho di setiap daerah. Di Jawa Timur, Soto identik dengan kuah kuning, di Jawa Tengah ada Soto Boyolali yang bening mirip-mirip Soto Bandung. Sementara itu Soto Betawi punya ciri khas dicampur santan atau susu. Keren ya? 

Belum lagi jika kita menengok pada sumber daya manusia yang mayoritas saat ini berada pada usia produktif. Rasanya sayang sekali jika kita tidak menggali dan memaksimalkan potensi diri untuk membangun negeri. Jadi kesimpulannya, Indonesia bikin saya bangga karena kekayaannya yang luar biasa. Iya, Indonesia kita ini memang tanah surga. 

 

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading