Sukses

Lifestyle

3 Prinsip yang Perlu Diterapkan agar Keuangan Tidak Kacau setelah Menikah

Fimela.com, Jakarta Ketika menikah, memang akan ada banyak hal yang harus diatur dan disesuaikan, salah satunya yang paling penting adalah masalah keuangan. Sebagai salah satu topik yang sensitif, jika tak bisa menemukan jalan tengah, masalah keuangan bisa jadi pemicu perpisahan dalam pernikahan.

Lalu apa yang harus dilakukan? Ada tiga cara untuk bisa menentukan bagaimana sebaiknya mengatur keuangan setelah menikah seperti dilansir dari Money Advice Service.org.uk.

1. Mengetahui gaya mengatur keuangan masing-masing

Terbukalah mengenai penghasilan atau gaji. Setelah mengetahui berapa besar penghasilan satu sama lain, kenali seperti apa gaya mengatur keuangan antara kamu dan pasangan. Ketahui siapa yang lebih boros dan siapa yang bisa berhemat, dengan begitu kalian bisa menentukan siapa yang bisa mengatur keuangan rumah tangga. Bicarakan apa yang kalian setujui dan apa yang tidak secara jujur.

2. Memisahkan uang bersama dan uang pribadi secara adil

Buat kesepakatan untuk membuka rekening bersama, di mana kalian akan saling menyetor uang untuk keperluan bersama secara adil. Terserah berapa banyak karena adil menurut setiap orang juga bisa berbeda-beda, bisa dengan nominal yang sama atau nominal yang dianggap sesuai untuk kedua belah pihak. Penting juga memisahkan mana uang pribadi dan uang bersama. Kamu tentu ingin menggunakan uangmu sendiri dan ia ingin menggunakan uangnya sendiri. Jangan ragu memberikan batasan.

3. Sikap percaya dan terbuka

Masalah keuangan harus didasari dengan rasa saling percaya dan terbuka. Tidak ada dana yang tersembunyi atau pengeluaran yang ditutupi. Segalanya harus diketahui bersama dan diselesaikan bersama. Hindari situasi di mana hanya satu pihak yang mengetahui secara detail tentang masalah keuangan kalian. Selalu bicarakan juga jika ada keperluan mendadak atau darurat.

Itu dia tiga prinsip yang perlu diterapkan untuk mengatur keuangan yang baik setelah menikah

#ChangeMaker with FIMELA

What's On Fimela
Loading