Sukses

Lifestyle

9 Daftar Perempuan Terkaya di Indonesia, Mendongkrak Tren Miliarder yang Didominasi Pria

Fimela.com, Jakarta Orang kaya di dunia tidak membangun kekayaannya dalam semalam. Mereka menghabiskan seluruh hidup mereka untuk mendapatkan uang atau mewarisinya dari nenek moyang mereka.

Apa pun masalahnya, pria telah mendominasi daftar orang terkaya di dunia dalam beberapa dekade terakhir. Namun, tren berubah dengan cepat dan angkanya telah mengalami pergeseran belakangan ini. Ada beberapa miliarder perempuan di dunia saat ini, tidak terkecuali Indonesia.

Indonesia berada di peringkat ke-41 di negara-negara kaya di dunia dan sebagian dari kekayaan bangsa dibangun oleh para perempuan pekerja keras yang luar biasa.

Penasaran siapa saja 10 wanita terkaya di Indonesia itu? Berikut daftarnya, melansir dari zuuonline.sg.

1. Shinta Widjaja Kamdani

Sebagai salah satu pemain paling menonjol dalam lanskap bisnis lokal Indonesia, Shinta Widjaja Kamdani memperoleh pendapatan tahunan sebesar $ 1,2 miliar. Dia adalah Kepala Eksekutif Grup Sintesa, yang merupakan bisnis keluarga dan telah mendapatkan popularitas besar dari waktu ke waktu.

Perusahaan, di bawah manajemennya, telah berkembang menjadi 17 bisnis yang berkisar dari manufaktur dan listrik hingga real estat dan distribusi produk konsumen. Ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Sebagai pendukung perjanjian perdagangan bebas bilateral, dia mengerahkan modal untuk mendanai startup bisnis kecil.

2. Arini Subianto

Dengan kekayaan bersih $ 665 juta, Arini Subianto mewarisi kekayaan ayahnya, menjadi putri tertua dalam keluarga. Dia sekarang menjabat sebagai Presiden Direktur Persada Capital Investama, sebuah perusahaan milik keluarga bernilai jutaan dolar. Investasi perusahaan meliputi pengolah karet, batu bara, pengolah kelapa sawit dan produk pengolahan kayu.

3. Kartini Muljadi

Bersama anak-anaknya, Kartini Muljadi memiliki Grup Tempo yang juga dikenal sebagai PT Tempo Scan Pacific, sebuah perusahaan besar yang terkenal memproduksi barang konsumsi dan obat-obatan. Keluarga itu telah memperoleh kekayaan bersih $ 610 juta. Kartini juga seorang pengacara dan mantan hakim dan dia memiliki firma hukum komersial dan korporasi yang populer di Indonesia yang dikenal sebagai Kartini Muljadi dan Rekan (KMR).

4. Fatimah Kalla

Sebagai Ketua Pelaksana Grup Kalla, Fatimah Kalla telah menerapkan teknologi digital dalam operasional perusahaan untuk mengefisienkan berbagai hal. Dia telah memperoleh kekayaan bersih $ 185 juta dengan berhasil mengelola bisnisnya. Ia adalah adik dari Wakil Presiden Indonesia yang mewariskan pengelolaan bisnis kepadanya pada tahun 2004. Bisnis keluarga mereka kini berkembang menjadi produsen bubuk kakao terbesar di Indonesia Timur. Transformasi kelompok Kalla menjadi raksasa industri adalah bukti kemampuannya.

 

5. Megawati Sukarnoputri

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Sukarnoputri memiliki kekayaan bersih $ 14 juta. Ia juga menjabat sebagai Presiden ke-5, dari Juli 2001 hingga Oktober 2004, serta menjabat sebagai Wakil Presiden selama 21 bulan. Di usianya yang ke-68, Megawati masih dianggap perempuan paling berkuasa di Indonesia.

6. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati mengambil peran sebagai Menteri Keuangan negara dari 2005-2010 dan lagi dari 2016 hingga saat ini. Dengan posisi bergengsi di pemerintahan dan berasal dari salah satu keluarga paling terkemuka di Indonesia, kekayaan bersihnya pasti tinggi, tetapi nilai pastinya belum diungkapkan. Dia juga dikenal sebagai salah satu wanita terkuat di dunia yang melakukan reformasi besar-besaran di negaranya.

7. Fathema Djan Rachmat

Perempuan dibalik berbagai perombakan RS Pelni ini adalah Dr. Fathema Djan Rachmat. Ketika dia ditunjuk sebagai Kepala Eksekutif, dia membuat keputusan besar untuk fasilitas tersebut, mengubahnya menjadi penyedia perawatan kesehatan modern. Dia juga komisaris di Jakarta Heart Center.

8. Janti Komadjaja

Memimpin salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia, Janti Komadjaja adalah Presiden Direktur PT Total Bangun Persada Tbk. Di tengah kegagalan ekonomi negara selama dekade terakhir, perusahaan berhasil bertahan di bawah kepemimpinannya. Selain itu, perusahaan telah berhasil menangani proyek konstruksi dan pengembangan dari semua ukuran. Karena reputasinya yang hebat di industri konstruksi, PT Lippo Karawaci bermitra dengan perusahaannya untuk menangani Proyek Global Smart City Millennium Village.

9. Carmelita Hartoto

Carmelita Hartoto adalah pemilik PT Andhika Group, bisnis pelayaran yang diwariskan oleh almarhum ayahnya. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemilik Kapal Indonesia dan Wakil Ketua Bidang Perhubungan di Kamar Dagang dan Industri Indonesia.

 

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading