Sukses

Lifestyle

3 Tips Mengatasi Stres saat Hadapi Masalah Keuangan

Fimela.com, Jakarta Ini adalah kesalahan umum bahwa menghasilkan lebih banyak uang akan membuat seseorang lebih banyak kebahagiaan dan lebih sedikit stres. Tetapi penelitian tidak menunjukkan hal ini. Meskipun lebih banyak uang mendatangakan sensasi sesaat dan beberapa hal baru, orang-orang umumnya menyesuaikan gaya hidup mereka dengan cara yang tidak meningkatkan tingkat kebahagiaan mereka secara keseluruhan atau mengurangi stres. Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin membantumu mengatasi dan mengurangi stres karena uang.

Berpikir Cerdas Tentang Pengeluaran

Jika keuangan menyebabkan dirimu stres, carilah hal-hal yang dapat mengurangi anggaranmu seperti pembelian makanan berlebihan, pembelian pakaian, atau barang-barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Kuncinya adalah mengubah fokusmu, misalnya mengindentifikasi kebiasaan belanja yang ingin dibuah, dirimu dapat lebih fokus pada bagaimana akan menikmati cara menabung daripada bagaimana menikmati beberapa menit kesenangan yang dirimu terima.

Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Mulai sekarang, sebelum membeli barang baru, pikirkan barang tersebut benar-benar akan meningkatkan kualitas hidup atau apakah hal itu hanya akan membuatmu merasa stres karena harus mengeluarkan uang ekstra. Hal ini seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuatnya lebih mudah. Strategi ini dapat membantumu mengurangi pengeluaran berlebih.

Jual Barang yang Masih Layak Pakai

Dirimu dapat mempertimbangkan untuk menjual barang bekas. Cobalah untuk melihat barang lama yang mungkin sudah tidak digunakan tetapi masih memiliki nilai jual. Jual barang-barang tersebut melalui website atau online. Uang tersebut bisa dirimu gunakan untuk berlibur atau melakukan hal lain yang akan menciptakan kenangan positif yang akan memperkaya hidupmu dan membantumu memerangi stres. Penelitian menunjukkan bahwa kita lebih menikmati pengalaman daripada harta dan berinvestasi dalam pengalaman adalah penggunaan dana yang lebih besar.

Mungkin berlawanan dengan intuisi untuk memerangi tekanan finansial dengan membelanjakan uang untuk pengalaman daripada hanya menabung, tetapi membelanjakan uang secara konersvatif tetapi dengan bijak dengan cara ini dapat membantumu untuk tetap termotivasi untuk menjadi hemat. Ini dapat membantumu untuk mempertahnkan motivasi untuk mengubah kebiasaan belanjamu. Tetapi kebanyakan, itu bisa menghilangkan stres dan membantumu untuk benar-benar menikmati hidup.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading