Sukses

Lifestyle

Kenali Penyebab Sakit Pinggang Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Sakit pinggang yang sampai membuat nyeri pasti akan mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Sayangnya sakit pinggang bisa menyerang siapa saja dan dimana saja, terutama jika kamu sedang melakukan aktivitas-aktivitas yang berat hingga memaksamu berdiri dan duduk terlalu lama.

Biasanya ketika kamu sudah duduk atau berdiri terlalu lama maka pinggangmu akan terasa nyeri. Jika sudah begini, berbaring atau rebahan akan menjadi tindakan utama yang dipilih untuk meredakan sakit pinggang. Namun, penyebab sakit pinggang ternyata tidak hanya karena aktivitas berat dan berada diposisi yang sama terlalu lama, masih ada beberapa penyebab lainnya.

Sakit pinggang sendiri ada yang bersifat ringan atau sementara, artinya mudah untuk dihilangkan atau diatasi rasa nyerinya. Sementara untuk beberapa kasus tertentu, sakit pinggang bisa sampai mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, kamu perlu tahu apa saja yang bisa menyebabkan sakit pinggang sekaligus cara mengatasinya.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas penyebab sakit pinggang beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, ulasan ini akan menjadi referensi agar kamu bisa terhindar dari bahaya sakit pinggang dan tahu cara yang tepat untuk mengatasinya dengan segera. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Seputar Sakit Pinggang

Sebelum mengulas penyebab dan cara mengatasinya, kamu perlu tahu dulu apa itu sebanarnya penyakit sakit pinggang. Low back pain atau sakit pinggang adalah sakit pada punggung bagian bawah. Penderita sakit pinggang sering mengalami rasa sakit yang hilang timbul maupun terus menerus, pada salah satu sisi pinggang atau keduanya.

Penyebab sakit pinggang yang paling umum ialah karena cedera otot atau sendi di area pinggang, bisa akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Sakit punggung bawah ini juga dapat disebabkan oleh gangguan organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang.

Kemudian, sakit pinggang biasanya pertama kali di usia 30 tahun-an. Risiko adanya serangan tambahan meningkat seiring bertambahnya usia. Faktor-faktor berikut juga dapat meningkatkan risiko mengalami sakit pinggang:

  • Kelebihan berat badan.
  • Sering mengangkat barang-barang berat.
  • Terlalu lama duduk.

Penyebab Sakit Pinggang

Walaupun bukan termasuk dalam penyakit yang berbahaya, sakit pinggang tidak bisa kamu remehkan karena akan mengganggu produktivitas sehari-hari. Jika dibiarkan bisa jadi kamu akan kesulitan untuk beraktivitas karena rasa nyeri dari sakit pinggang yang tidak tertahankan. Berikut beberapa penyebab sakit pinggang yang perlu kamu tahu:

  • Cedera pada otot pinggang, karena gerak pinggang yang tiba-tiba dan berulang
  • Duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk dan kursi yang diduduki tidak nyaman
  • Sering membawa tas punggung yang terlalu berat, pada anak-anak
  • Selain itu, sakit pinggang juga dapat terjadi akibat gangguan pada organ di tulang belakang, seperti: 
  • Peradangan pada sendi di tulang belakang.
  • Saraf kejepit akibat penonjolan bantalan tulang belakang (hernia nukleus pulposus).
  • Pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan.
  • Penyempitan ruas tulang belakang atau stenosis spinal.
  • Cedera tulang belakang akibat terbentur atau kecelakaan.
  • Kelainan pada lengkung tulang belakang, seperti kifosis, lordosis, atau skoliosis.
  • Spondylolisthesis.

Gangguan pada organ di bagian tubuh lain juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Pada kondisi ini, sakit bisa dirasakan hanya di salah satu sisi pinggang, bisa kanan atau kiri, namun bisa juga di kedua sisi pinggang. Beberapa gangguan pada organ tubuh lain tersebut adalah infeksi ginjal, batu ginjal, usus buntu, pankreatitis, endometriosis, kisat ovarium, miom.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyebab sakit pinggang belakang pada orang dewasa adalah sebagai berikut:

  • Berusia 30 tahun ke atas.
  • Memiliki berat badan berlebih.
  • Kurang berolahraga.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Setelah tahu apa saja yang menyebabkan sakit pinggang, kini saatnya kamu tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Untuk pengobatannya, kamu bisa melakukannya di rumah karena sakit pinggang masih merupakan penyakit ringan kecuali jika gejala yang kamu rasakan sudah parah maka perlu bantuan medis. Berikut beberapa cara mudah mengatasi sakit pinggang di rumah.

Kompres Dingin atau Panas

Cara pertama untuk mengatasi sakit pinggang ialah dengan menggunakan kompres dingin atau panas. Cara ini efektif untuk membantu proses penyembuhan sakit pinggang. Baik itu kompres panas ataupun dingin, penting untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit supaya kulit dapat beristirahat.

Dilansir dari WebMD, seorang profesor di University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa pemberian kompres dingin selama 24-48 jam (1-2 hari) hari setelah cedera dapat mengurangi peradangan. Setelah 48 jam, kamu dapat beralih ke kompres panas. Jika setelah melakukan kompres nyeri masih berlanjut, segera konsultasi ke dokter.

Coba Bergerak Lebih Aktif

Perlu kamu tahu bahwa kunci obat sakit pinggang yang alami pada dasarnya hanya berusaha untuk bergerak setiap hari. Hentikan segera aktivitas yang dapat meningkatkan rasa sakit, namun jangan hindari berbagai aktivitas karena kamu takut sakit. Tidak perlu melakukan gerakan yang berat yang berlebihan, cukup jalan kaki santai akan membantu mengurangi sakit pinggang yang kamu rasakan.

Berendam di Air Hangat

Berendam di air hangat dapat mengendurkan saraf dan otot yang menegang sehingga membuat kamu jadi lebih rileks. Tidak hanya itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal.

Untuk obat tradisional sakit pinggang, mandi 2-3 jam sebelum tidur bisa jadi pilihan terbaik. Pertimbangkan menggunakan bantal mandi untuk menyangga punggung dan pinggang saat berendam air hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading