Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Menggunakan Daun Pandan untuk Kecantikan Kulit Wajah

Fimela.com, Jakarta Daun pandan adalah daun berbau wangi yang digunakan untuk membuat makanan. Daun pandan merupakan bumbu dapur yang populer di Indonesia. Daun pandan bisa membantu menghilangkan bau amis, dan juga bisa menambahkan aroma pada kue.

Daun pandan memiliki kandungan tanin, glikosida dan alkaloid, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu merawat kecantikan. Daun pandan juga bisa digunakan untuk membantu meredakan panas pada anak.

Baru-baru ini daun pandan diolah untuk dijadikan bahan skincare, seperti lotion, masker hingga serum wajah. Karena daun pandan dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kulit wajah. Berikut beberapa manfaat menggunakan daun pandan untuk kecantikan kulit wajah:

Manfaat Menggunakan Daun Pandan

1. Menghilangkan Komedo

Salah satu masalah yang sering muncul di kulit adalah komedo. Komedo muncul karena pori-pori tersumbat oleh minyak wajah, sel kulit mati dan bakteri. Komedo merupakan cikal bakal munculnya jerawat. Daun pandan bisa digunakan untuk masker wajah, dengan cara mencarmpurkan 1/2 sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang dan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Lalu haluskan semua bahan hingga menjadi pasta, dan aplikasikan masker ke wajah. Tunggu masker hingga 15 menit dan bilas sampai bersih.

2. Mengeksfoliasi Kulit

Daun memiliki manfaat untuk membantu meregenerasi kulit. Karena daun pandan memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah mau pun tubuh. Daun pandan bisa dicuci dengan bersih lalu cambur dengan madu dan minyak zaitun. Kemudian gosok pada kulit dengan gerakan melingkar dan diamkan selama 3 menit. Setelah itu bersihkan kulit hingga bersih. Untuk mengeksfoliasi kulit dengan daun pandan, usahakan untuk rutin melakukan setiap seminggu 1 kali agar kulit tidak tipis.

Manfaat Menggunakan Daun Pandan

3. Sebagai Anti Jamur

Daun pandan memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti jamur. Kulit sangat rawan terkena infeksi jamur seperti panu, baik di kulit area wajah maupun pada area tubuh. Panu ini bisa membuat kulit menjadi gatal, kering hingga iritasi. Daun pandan yang ditumbuk hingga halus, bisa membantu mengurangi dan mecegah jamur pada kulit, jika di aplikasikan pada area jamur dengan campuran garam. Daun pandan juga bisa diminum airnya setiap sehari sekali selama 3 hari.

4. Mengatasi Ketombe

Selain membantu mengatasi masalah kulit wajah dan kulit tubuh, daun pandan juga berfungsi untuk membantu menghilangkan ketombe di rambut. Rambut yang berketombe disebabkan karena rambut terlalu berminyak, penumpukkan sel kulit mati dan tumbuhnya jamur di kulit kepala. Untuk membantu menghilangkan ketombe di rambut, haluskan 10 lembar daun pandan dengan 100ml air, lalu oleskan di bagian kulit kepala, diamkan selama 30 menit lalu bilas rambut hingga bersih.

Manfaat Menggunakan Daun Pandan

5. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat daun pandan yang terakhir, yaitu bisa membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Rambut rontok bisa terjadi karena faktor umur, genetika, terlalu banyak pikiran dan juga akibat terlalu banyak penggunaan bahan kimia di rambut.

Untuk mencegah kerontokan pada rambut, Sahabat Fimela bisa menggunakan 1 lembar daun pandan, 10 daun kembang sepatu, 10 bunga melati dan 1 bunga mawar. Lalu rebus semua bahan dengan panci dan tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Lalu saring setelah mendidih.

Setelah itu dinginkan dengan suhu ruang, lalu oleskan ramuan pada rambut dan lalukan pada malam hari. Setelah itu bilas rambut pada pagi hari. Perawatan rambut ini bisa dilakukan setiap 2 hingga 3 kali seminggu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading