Sukses

Lifestyle

3 Masalah Umum dan Solusi Mengelola Keuangan dalam Rumah Tangga

Fimela.com, Jakarta Uang adalah penyebab konflik dalam banyak pernikahan. Mengelola keuangan bisa menjadi sangat sulit ketika pasangan memiliki gagasan yang bertentangan tentang uang atau bahkan tidak mau ambil bagian diskusi untuk mengatur keuangan. Ketika salah satu pasangan tidak ingin berpartisipasi dalam perencanaan keuangan, hal itu dapat membuat kedua pasangan merasa frustasi dan tumbuh masalah dalam hubungan jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa masalah dan solusi yang paling umum dihadapi setiap pasangan dalam mengelola keuangan.

PasanganTak Ingin Membat Anggaran

Pasanganmu memahami perlunya membuat rencana tetapi tidak ingin melakukannya, tetapi ia tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan itu. Berpegang pada anggaran cukup sulit ketika dirimu berkomitmen untuk itu, apalagi dirimu tidak sepenuhnya memiliki ide untuk memulai. Namun, demi keharmonisan rumah tangga dan kesehatan finansial, penting untuk menemukan solusinya.

Permudah pasangan untuk berpartisipasi dalam diskusi. Munculkan anggaran dasar yang mencakup tagihan seperti bahan makanan, tagihan sewa atau lainnya. Kemudian bicarakan tentang bagaimana dirimu akan memilih untuk membelanjakan pendapatan diskresioner untuk pengeluaran seperti makan di luar dan berbelanja, berapa seharusnya uang belanja pribadimu dan pengeluaran umum lainnya. Untuk membuatnya sangat sederhana, dirimu bahkan dapat mempertimbangkan untuk beralih ke anggaran tunai. Buatlah anggaran mingguan agar lebih mudah membiasakan diri.

Merasa Disalahkan dalam Diskusi

Jika berada dalam situasi keuangan yang buruk dengan banyak utang atau tampaknya kesulitan memenuhi nanggaran, cara menangani masalah tersebut dapat membuat pasangan merasa dirimu menyalahkan mereka. Ini bisa menjadi situasi yang sangat sulit, terutama jika dirimu merasa merekalah yang harus disalahkan atas masalah keuangan.

Cobalah untuk mengubah cara berbicara tentang uang. Berhenti menyalahkan dan jangan fokus pada masa lalu. Alih-alih melihat masa lalu, fokuslah pada apa yang dapat dirimu ubah ke depan dan tetapkan langkah kecil untuk melacak kemajuan menuju sasaran keuangan.

Merasa Tidak Terlibat Mengelola Keuangan

Meskipun mungkin berpikir memiliki pasangan yang enggan dan tidak ingin membuat rencana, sebenarnya dirimu sedang berurusan dengan seseorangyang tidak merasa terlibat dalam proses tersebut. seringkali, salah satu pasangan merasa seperti yang lainnya mengendalikan semua keputusan pengeluaran, membantu mereka merasa seperti anak-anak daripada orang dewasa dalam situasi tersebut.

Perbaiki masalah ini dengan menyertakan pasangan. Jika pasangan tidak merasa terlibat dalam proses tersebut, mungkin inilah saatnya untuk memulai proses dari awal dan melakukannya bersama sebagai satu tim

Nah, berikut tadi beberapa masalah yang sering muncul dalam mengelola keuangan dalam rumah tangga. Apakah Sahabat Fimela pernah mengalaminya?

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading