Sukses

Lifestyle

Peringat Bulan Peduli Kanker Anak 2020, Good Doctor dan YKAKI Luncurkan Program KADO untuk YKAKI

Fimela.com, Jakarta Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) bersama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) hari ini meluncurkan inisiatif program“KADO (KonsultAsi Dokter Online) untuk YKAKI” guna membantu anak-anak pejuang kanker dari keluarga pra sejahtera agar terlindungi dari COVID-19. Inisiatif ini diluncurkan bertepatan dengan Bulan Peduli Kanker Anak di September yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap komunitas kanker anak sebagai kelompok rentan yang membutuhkan perhatian khusus selama masa pandemi.

Good Doctor dan YKAKI juga bekerjasama dengan platform filantropi dan crowdfunding, BenihBaik.com, untuk mengumpulkan donasi publik dan menyalurkan masker bedah bagi para pasien, orang tua, guru, dan koordinator YKAKI di seluruh Indonesia. Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI di 2018 menunjukkan prevalensi angka penyakit kanker di Indonesia mengalami kenaikan 1,8% dibandingkan dengan riset yang sama yang dilakukan di tahun 2013.

Berbeda dengan kasus pada orang dewasa, kasus kanker pada anak biasanya lebih sulit diketahui. Maka dari itu, perhatian dan kesadaran masyarakat terhadap kasus kanker anak perlu ditingkatkan. “Kami mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh Good Doctor dan YKAKI dalam meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak kanker, terutama yang berasal dari keluarga prasejahtera. Kebutuhan akan konsultasi kesehatan menjadi hal yang tidak bisa ditunda, untuk itu, kemudahan akses terhadap layanan kesehatan merupakan fasilitas yang pasti bermanfaat bagi mereka, apalagi di masa pandemi ini ketika anak-anak pejuang kanker perlu terlindungi dari paparan COVID-19,” ungkap dr. Riskiyana Sukandhi Putra, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI dalam acara konferensi pers hari ini.

 

 

Peringat Bulan Peduli Kanker Anak 2020, Good Doctor dan YKAKI Luncurkan Program KADO untuk YKAKI

Pada kesempatan yang sama, Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia juga menekankan pentingnya pemanfaatan telemedis untuk mengurangi pelayanan kesehatan secara tatap muka demi melindungi anak-anak pejuang kanker yang lebih rentan terinfeksi COVID-19. “Di Good Doctor, kami selalu percaya bahwa layanan kesehatan harus dapat diakses oleh setiap keluarga, terutama di saat yang penuh tantangan ini. Dengan memiliki sistem pendukung yang kuat, anak-anak pejuang kanker bisa lebih bersemangat dan kembali mempunyai mimpi yang besar untuk masa depan mereka. Kami harap program “KADO untuk YKAKI” dapat memberi manfaat nyata bagi pasien dan keluargakomunitas YKAKI untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan mereka.

”Ira Soelistyo, Ketua dan Pendiri YKAKI, menyampaikan kegembiraannya atas kerjasama program KADO‟, “Pandemi COVID-19 mengubah tatanan hidup kita secara signifikan,termasuk dalam memperoleh layanan kesehatan. Dampak ini tak terkecuali dirasakan oleh pejuang kanker anak di komunitas kami karena mereka perlu mendapatkan perawatan dan konsultasi kesehatan dari dokter secara berkala. Kehadiran dokter secara virtual akan memudahkan mereka mendapatkan konsultasi kesehatan dari rumah masing-masing atau rumah singgah YKAKI.

”Dalam peringatan Bulan Peduli Kanker Anak, program KADO juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membantu pejuang kanker anak di komunitas YKAKI melalui penggalangan danayang akan dikelola oleh BenihBaik.com. Dan yang jika terkumpul semuanya akan disalurkan dalam bentuk 1.500 masker bedah kepada komunitas YKAKI dan juga biaya operasional rumah singgah YKAKI di seluruh Indonesia. Andy F. Noya, Founder BenihBaik.com menyampaikan, “Kami merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam program ini. Program ini sejalan dengan visi dan misi kami dalam menunjukkan kepedulian pada isu sosial dan kemanusiaan. Kebutuhan masker bagi anak-anak pejuang kanker, orangtua, guru, dan relawan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi sebagai perlindungan utama bagi mereka menghadapi situasi pandemi. Itulah sebabnya setiap donasiyang diberikan di platform BenihBaik.com dapat membuat perbedaan besar dalam melindungipasien kanker anak dan para pendamping mereka.”

Good Doctor & YKAKI

Program “KADO untuk YKAKI” menyediakan konsultasi dokter online, untuk anak-anak, orangtua, guru, dan koordinator YKAKI yang tersebar di 8 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Riau, Semarang dan Manado. Dengan lebih dari 10.000 mitra dokter siaga di 70 kota di Indonesia, layanan Good Doctor bisa memberikan respon cepat dan akurat terhadap pertanyaan tentang kesehatan dari keluarga anak-anak pejuang kanker.

Dengan demikian anak-anak dan keluarga pejuang kanker bisa terus memantau kesehatan mereka secara berkala dengan mudah. Melalui program ini, anak-anak dan keluarga pejuang kanker dimanapun mereka berada akan memiliki akses yang sama untuk berkonsultasi dengan mitra dokter umum maupun mitra dokter spesialis anak yang telah ditunjuk dengan mudah. Program“KADO untuk YKAKI” dapat dimanfaatkan selama 1 tahun mulai tanggal 30 September 2020 sampai 29 September 2021 cukup dengan mengakses layanan GrabHealth powered by GoodDoctor pada aplikasi GRAB.

Masyarakat dapat ikut berdonasi untuk memenuhi kebutuhan masker bagi para anak-anak pejuang kanker melalui tautan berikut https://benihbaik.com/campaign/peduli-kanker-anak

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading