Sukses

Lifestyle

Mengenal Manfaat Mengonsumsi Biji Chia

Fimela.com, Jakarta Biji chia adalah makanan pokok suku Aztec dan Maya Kuno yang berasal dan Meksiko dan Guatemala. Saat ini, biji chia sedang dianggap sebagai makanan super karena manfaat kesehatannya.

Cara termudah mengonsumsi biji chia adalah mencampurkannya dengan air, cukup 1 sendok makan biji chia per 1 gelas air. Biji chia sebenarnya sangat serbaguna.

Per 1 ons biji chia memiliki 138 kalori, 11 gram serat, 4 gram protein, 9 gram lemak, dan 18% kalsium. Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi biji chia.

 

 

1. Penuh gizi

Biji chia dianggap sebagai makanan super karena beberapa alasan. Menurut grafik dari sebuah studi yang dilakukan oleh University of Minnesota di tahun 2005, biji chia kaya akan serat, yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama, lebih sedikit sekresi insulin, dan lebih banyak asam lemak rantai pendek.

Pada dasarnya, semua itu berarti lebih sedikit berat badan. Serat juga terbukti mengurangi risiko kanker payudara dengan mengurangi kadar estrogen dalam darah dan meningkatkan penuaan yang sehat.

Dalam hal kalsium, biji chia adalah sumber kalsium yang bagus bagi kamu yang tidak mengonsumsi produk susu. Dua sendok makan biji chia menyediakan hampir 14% dari target harian perempuan.

2. Sumber energi bebas kafein

Dehidrasi bisa membuatmu kelelahan. Tambahkan 1 sendok teh biji chia ke dalam sebotol air, tunggu 5 menit sampai semua biji terendam oleh air, dan minum semuanya. Biji chia akan memberimu energi yang stabil karena rasio protein, lemak, dan serat yang seimbang.

3. Tinggi antioksidan

Menurut sebuah studi di The Annals of General Psychiatry, stres terkait dengan tingkat antioksidan yang rendah, karena antioksidan dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Selain mengurangi stres, antioksidan juga bermanfaat bagi kulit, mendukung fungsi sistem kekebalan, dan mencegah kondisi kesehatan tertentu.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Biji chia tinggi serat, protein, dan omega-3, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Apa kamu sudah rutin mengonsumsi biji chia?

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading