Sukses

Lifestyle

Wardah Beauty Fest 2020 Berbagi Tips Financial & Stress Management

Fimela.com, Jakarta Dalam merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tahun, Wardah membuat serangkaian acara yang menarik. Dalam acara Wardah Beauty Fest 2020 ini berlangsung dari tanggal 3-4 Oktober yang gelar secara virtual. Acara ini digelar dengan tema “Cantikmu Siap Hadapi Dunia.”

Pada tanggal 4 Oktober 2020, pukul 13.00-14.00, hadir dalam sesi sering tengang “Financial & Stress Management: Keep it Manageable”. Acara ini dihadiri oleh Analisa Widyaningrum, Prita Ghozie, dan Tiqasya. Dalam sesi ini masing-masing memberikan beberapa tips mengelola keuangan dan stres yang mungkin memiliki keterkaitan satu sama lain.

Shaffira sebagai pembawa acara mengawali sesi ini dengan melakukan perbincangan bersama Prita Ghozie sebagai sebagai seorang konsultan keuangan. Awal cerita, Prita merupakan seorang lulusan Sarjana Ekonomi di salah satu universitas di Australia. Ketika awal menjadi seorang pembicara keuangan, Prita sering tampil tidak percaya diri karena sebagian orang masih meremehkan tentang pengelolaan keuangan. Terlebih dirinya masih terlihat muda, yang mungkin masih sangat dini untuk membicarakan tentang keuangan. Singkat cerita, akhirnya ia menyadari bahwa ini memang diperlukan dalam kehidupan setiap orang.

Dalam sesi tersebut Prita memberikan beberapa tips untuk mengelola keuangan. Yang pertama, kita harus membuat anggaran pengeluaran, yang dimulai dengan membuat anggaran. Selanjutnya gunakan rekening digital yang dapat dibuat dengan mudah. Ketika kita mungkin malas untuk membuat catatan anggara, dapat dengan mudah menggunakan pencatatan digital. Lakukan pencatatan dan evaluasi setiap minggu, lakukan ini secara konsisten.

Selain itu Prita Ghozie juga memberikan tips mengelola keuangan selama pandemi yang penuh ketidakpastian ini. Hal pertama yang dilakukan yaitu fokuslah pada tujuan kita, baik itu memikirkan tentang bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan, berinvestasi atau juga berhemat. Selanjutnya jangan mudah untuk berutang tetapi buatlah dana darurat. Dana darurat ini akan membantu keuanganmu yang di masa sulit dan tidak pasti seperti ini. Kemudian fokus pada prioritas keuangan kita sendiri, bukan untuk orang lain. Dan yang terakhir tentunya jangan menyerah untuk melakukan itu.

Nah, bagi kita yang mungkin ingin melakukan untuk investasi, Prita juga memberikan tips melakukan investasi yang dapat dilakukan selama pandemi seperti ini. Ia memberikan tips bagi mereka yang ingin melakukan investasi untuk memperhatikan 3 hal yaitu SIP (Saving, Interesting dan Protection). Sebelum berinvestasi tentu kita harus belajar dengan melakukan hal kecil, pilih investasi yang memiliki izin, bagi perempuan pilihlah investasi yang aman seperti emas batangan, kemudian bisa membeli surat berharga resmi dari pemerintah, yang selanjutnya bisa mencoba untuk membeli saham. Dalam membeli saham tidak boleh asal untuk membelinya, tetapi kita harus benar-benar tahu tentang hal itu.

Tips Mengatasi Stres dari Analisa Widyaningrum

Analisa Widyaningrum, yang merupakan seorang psikolog dan spokesperson Wardah juga memberikan beberapa tips menarik untuk mengatasi stres yang dihadapi selama pandemiini. Lagi-lagi stres sebagian besar disebabkan oleh masalah keuangan. Sebelum mengetahui cara untuk mengetahui apakah kita sedang stres, kita harus tahu terlebih dahulu tentang apa itu stres. Stres merupakan persepsi psikologis dan juga fisiologis. Ketika seseorang mengalami kecemasan tentu ini akan memengaruhi kesehatan fisik seseorang.

Menurut Analisa Widyaningrum pertama kali untuk mengetahui apakah seseorang mengalami stres yakni, mengetahui perilaku. Saat kita merasa pusing mungkin kita akan tidur dan saat bangun akan terasa lebih fresh atau malah merasa sakit semua. Jika seseorang setelah bangun merasa lelah yang berlebihan, mungkin itu adalah salah satu indikasi seseorang mengalami stres. Kemudian yang kedua kenali emosional, jika kita merasa sinis, ingin marah-marah dan merasa cemas merasa kurang tidur atau bahkan mungkin tidak produktif, ini juga merupakan salah satu seseorang mengalami stres. Selanjutnya yang ketiga yaitu, amatilah perilaku diri sendiri, jika mengalami perubahan seperti lebih banyak makan, dan produktivitas menurun, ini merupakan tanda seseorang mengalami stres yang perlu berkonsultasi dengan tenaga profesional. 

Dalam mengatasi stres selama pandemi Analisa menyarankan untuk tetap produktif dengan malakukan hal kecil. Misalnya seperti melakukan olahraga di pagi hari secara rutin atau beribadah. Jika hal ini dilakukan secara konsisten maka setiap orang akan merasakan perubahan dari kegiatan tersebut.

Berbagi Tips Mengelola Keuangan dengan Salah Satu Financial Enthusiast

Tiqasya, merupakan salah satu finance enthusiast yang juga membagikan pengalamannya dalam mengelola keuangan. Ia merupakan salah satu dokter dengan penghasilan terbilang cukup untuk seorang Tiqasya. Pada awalnya ia memiliki kesadaran yang rendah akan pengelolaan uang. Seiring berjalannya waktu ia menikah dan harus mengatur keuangan keluarga. Ketika ia memiliki seorang anak, Tiqasya mulai merasakan kekhawatiran tentang keuangan untuk semua kebutuhan yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari itulah, ia termotivasi untuk mengelola keuangan dengan baik. Ia mulai membaca buku tentang keuangan.

Dalam sesi ini, ia membagikan tips melakukan investasi bagi pemula seperti dirinya. Pertama yang perlu dilakukan saat berinvestasi bagi pemu yaitu belajar, carilah ilmu, informasi tentang investasi. Bahkan diskusikan hal ini dengan orang yang mengerti tentang keuangan dan investasi. Kemudian alokasikan dana, seperti yang dijelaskan oleh Prita, yaitu dengan melunasi utang yang ada jika memiliki, memiliki dana darurat dan tabungan. Selanjutnya pilihlah jenis investasi, ketika melakukan investasi usahakan tidak menaruh banyak uang untuk itu.

Dalam acara Wardah Beauty Fest 2020 ini, diharapkan setiap perempuan dapat memberikan makna dan memberikan manfaat kepada banyak orang dalam berbagai bidang. Serta memiliki semangat untuk mencapai kesukesan yang diharapkan.

#ChangeMaker

What's On Fimela
Loading