Sukses

Lifestyle

Menabung Itu Tak Pernah Ada Ruginya

Fimela.com, Jakarta Ada yang bilang uang bukan segalanya. Hanya saja uang tetaplah kita butuhkan dalam kehidupan. Mengatur keuangan, membuat rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu, mewujudkan impian melalui perencanaan finansial yang baik, rencana investasi dan membeli rumah, hingga pengalaman terkait memberi utang atau berutang pasti pernah kita alami. Banyak aspek dalam kehidupan kita yang sangat erat kaitannya dengan uang. Nah, dalam Lomba Share Your Stories September 2020: Aku dan Uang ini Sahabat Fimela semua bisa berbagi tulisan terkait pengalaman, cerita pribadi, kisah, atau sudut pandang terkait uang. Seperti tulisan berikut ini.

***

Oleh: Shinta Amudia

Bicara tentang uang, aku bersyukur keluargaku telah mengajarkanku cara berhemat. Sedari kecil telah membuatkanku buku tabungan. 

Dulu yang mengisi tabungan itu adalah orangtua. Semenjak SMP, SMA, hingga kuliah aku menyisihkan uang transportasi untuk kutabung. Setelah lulus kuliah, aku mencoba magang  di tempatku training dulu.

Gaji pertama sekitar Rp800 ribu, masih dapat uang transportasi dari ayah. Uang transportasi kugunakan untuk bayar kos dan makan. Aku memilih hidup mandiri karena lokasi kerja yang jauh dan akses dari rumah terbatas. Gajiku tetap utuh.

Pindah kerja dan kos hingga beberapa kali, makin lama aku makin sadar kadang butuh me time. Akhirnya setiap habis gajian  aku menyisihkan pendapatanku ke beberapa pos pengeluaran. Salah satunya ikut arisan. Sisanya untuk keperluan sehari-hari dan juga me time bersama teman dan keluarga.

Uang yang didapat dari arisan biasanya aku belikan logam mulia 24 karat dan sisanya aku tabung lagi. Sampai saat ini kebiasaan mengonversikan uang ke logam mulia masih berlanjut. Bahkan setelah pensiun dini kini aku berjualan logam mulia secara online.

Bagiku baik menabung uang atau mengonversi uang ke dalam bentuk investasi lain seperti menabung emas  tidak akan pernah rugi apalagi di masa pandemi seperti ini. Kita butuh bertahan di masa ekonomi yang sedang sulit-sulitnya. Semoga ceritaku ini bisa menginspirasi teman-teman Fimela. Terima kasih.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading