Sukses

Lifestyle

Lintang Kemukus adalah Komet Pertanda Buruk, Ini Kata Mitos yang Beredar

Fimela.com, Jakarta Terjadinya sebuah fenomena alam yang dianggap sebagai lintang kemukus di Tuban, Jawa Timur mendadak viral di media sosial. Terlihat cahaya merah terang membentuk garis vertikal lurus di langit Tuban pada akhir pekan lalu. Warganet pun langsung mengaitkannya dengan mitos yang menyelimuti fenomena ini.

Menurut mitos yang beredar, munculnya Lintang Kemukus merupakan komet yang menjadi pertanda buruk. Entah itu akan terjadi bencana alam, wabah penyakit, hingga kematian seseorang.

Lintang Kemukus dipercaya sebagai hantu pembawa maut berwujud bola arwah, melansir dari Historia.id pada Selasa (13/10/2020). Bola arwah ini dipercaya sebagai rombongan prajurit ganas yang bisa membunuh manusia saat tertidur.

Secara umum, komet membawa hal yang kurang baik. Namun tergantung dari arah datangnya komet tersebut. Jika datang dari barat, pertanda buah yang ditanam akan tumbuh subur dan hasil kebun melimpah. Sementara jika datang dari arah timur pertanda rakyat akan mengalami banyak kerusakan dan kesusahan.

 

Kejadian yang menyertai turunnya komet

Kepercayaan orang akan hadirnya komet sebagai pertanda buruk diperkuat penampakkan komet Halley di Indonesia pada 1910. Penampakan komet ini membuat banyak orang merinding seiring dengan berkembangnya wabah pes yang mengakibatkan meninggalnya ribuan jiwa.

Penampakkan lintang kemungkus lainnya juga terjadi pada 1966. Komet Ikeyaseki dikatikan dengan pertanda buruk, seperti transisi Orde Lama menuju Orde Baru yang penuh pertumpahan darah.

Melihatnya banyaknya kejadian buruk yang terjadi berbarengan dengan terlihatnya komet, apakah membuatmu percaya bahwa lintang kemukus adalah benar pertanda buruk?

Simak video berikut ini

#changemaker

What's On Fimela
Loading