Sukses

Lifestyle

Pengertian, Ciri-Ciri dan Langkah Membuat Sinopsis yang Baik dan Benar

Fimela.com, Jakarta Sebelum kita membeli sebuah buku, biasanya kita akan menemukan sebuah sinopsis tentang buku tersebut, yang terdapat di cover buku paling belakang.

Membaca sinopsis sebelum membeli buku adalah hal yang sangat penting. Karena sinopsis adalah sebuah ringkasan suatu karya sastra atau gagasan, yang ditulis dalam bentuk narasi singkat tentang isi dari buku tersebut.

Sinopsis juga bisa dibuat hingga tiga halaman, yang menceritakan isi karya tersebut dengan batasan-batasan tertentu. Yuk pelajari lebih lanjut tentang pengertian, ciri-ciri dan langkah membuat sinopsis yang baik dan benar, dilansir dari berbagai sumber:

Pengertian Sinopsis

Sinopsis adalah sebuah ringkasan karya atau gagasan, yang ditulis dalam bentuk narasi. Sinopsis menuliskan tentang gambaran besar dari sebuah karya tersebut, dan membantu orang yang akan membeli buku atau menonton film, lebih mengerti tentang gambaran dari isi karya tersebut.

Sinopsis terbagi menjadi dua jenis, yaitu sinopsis dengan tulisan lengkap dan sinopsis sebagai persiapan menulis ide. Pada umumnya, sinopsis dituliskan secara singkat, sekitar 1 sampai 3 halaman dari panjang naskahnya.

Sinopsis sangat sering digunakan sebagai prolog dalam pembuatan film, drama, novel dan karya lainnya. Sinopsis tidak menuliskan tentang ilustrasi dan penjelasan secara detail, sinopsis hanya menuliskan tentang gambaran besar dan gagasan umum dari isi naskah.

 

Ciri-Ciri Sinopsis

Sinopsis memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan karya sastra lainnya. Dalam pembuatan sinopsis, alur atau jalan cerita yang ditulis haruys disusun secara kronologis, tertata dan tepat.

Pembuatan alur pada sinopsis harus sesuai dengan alur cerita aslinya, dengan menggunakan bahasa yang persuasif, yang bisa mengajak dan memotifasi pembaca agar tertarik membeli buku atau menonton film tersebut.

Penulisan sinopsis juga harus menceritakan gambaran isi secara umum, tanpa menjelaskan gagasan yang detail. Terdapat sebuah konflik yang singkat, agar pembaca lebih tertarik dan penasaran dengan konflik serta isi ceritanya.

Langkah Membuat Sinopsis

Sebelum membuat sinopsis, Sahabat Fimela harus rajin membaca terlebih dahulu, dan memahami setiap alur cerita yang terdapat di dalam buku tersebut. Agar sinopsis dpat dipahami oleh pembacanya.

Langkah membuat sinopsis yang baik dan benar sebenarnya sangat mudah. Langkah pertama hanya perlu membaca secara berulang-ulang naskah atau buku tersebut, untuk memahami isi dan maksud dari pembuat karya tersebut.

Kemudian menggaris bawahi ide-ide secara umum atau hal-hal yang penting dalam setiap paragrafnya. Lalu mengembangkan kalimat menjadi kalimat tunggal yang sederhana dengan bahasamu sendiri. Lalu buatlah alinea sinopsis tanpa menyimpang dari isi cerita tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading