Sukses

Lifestyle

Catat! Ini Pentingnya Self-Love untuk Jadi Versi Super dari Dirimu

Fimela.com, Jakarta Pernah tidak kamu merasa kurang percaya diri dengan apa yang kamu miliki sekarang ini? Atau, selama ini kamu merasa terlalu mengikuti apa kata orang, hingga sulit menjadi diri sendiri? Pencarian jati diri boleh dibilang hampir selalu ada dalam fase hidup setiap orang. Kamu pun tak perlu merasa sendiri, karena kenyataannya hampir setiap orang mengalaminya.

Meski begitu, cara orang dalam menemukan jati diri hingga akhirnya mampu mencintai dirinya sendiri berbeda-beda. Topik menarik inilah yang kemudian dibahas dalam Dove x Fimelahood Class 5. Mengangkat tema "Pentingnya Self-Love untuk Jadi Versi Super dari Dirimu", dua narasumber cantik Melody Laksani dan Meira Anastasia berbagi kisah menariknya spesial untuk Sahabat Fimela. Seperti apa?

 

Pentingnya Sebuah Kepercayaan Diri

Dalam kesempatan itu, Melody Laksani menjelaskan jika self-love berkaitan dengan kepercayaan diri. Apabila kamu memiliki rasa percaya diri yang kuat, maka kamu bisa menggali potensi pada dirimu, hingga bisa menjadi versi super dari dirimu.

Ubah Rasa Insecure dari Bersyukur

Jika Melody menganggap kepercayaan diri menjadi kunci penting untuk self-love, hal tak jauh beda juga diungkapkan penulis terkenal Meira Anastasia. Penulis buku 'Imperfect' ini mengungkapkan jauh sebelum menjadi versi super dari dirinya seperti sekarang, Meira juga sempat merasa insecure. Namun, ia berhasil mengubahnya menjadi bentuk syukur dengan cara fokus pada kelebihan yang dimilikinya.

"Stop membandingkan diri dengan orang lain, karena Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan berbeda-beda. Ketika fokus pada kelebihan orang lain, maka lebih mudah insecure, karena bukannya menggali potensi diri, kita malah membuat diri jadi lebih lemah," ungkapnya.

Cara Mengaplikasikan Self-Love untuk Jadi Versi Super dari Dirimu

Lebih lanjut, Melody menjelaskan jika mengaplikasikan self-love dengan lebih memperhatikan dan menjaga diri, seperti rajin berolahraga agar fisik tetap sehat. Selain itu, ia juga menjelaskan agar membuang pikiran negatif dan lebih sering bersyukur, sehingga penting untuk menjadi diri versi super dalam menjalani hari-hari.

"Self-love bagi Melody penting banget bagi diri sendiri, manfaatnya lebih bahagia, bisa meningkatkan kepercayaan diri, aku jadi bisa menghormati orang lain, lebih mudah bersyukur, dan melihat hal dari sudut pandang positif," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Meira. Bedanya ia mengaplikasikan self-love dengan beberapa cara. "Aku lagi suka banget sama tanaman, dengan melihat hijau pada tanaman aku jadi lebih tenang. Selain hobi merawat tanaman, aku juga perhatikan apa yang aku makan. Aku memutuskan mengubah pola makan jadi lebih sehat karena bagaimanapun tubuh perlu nutrisi dengan batasan tertentu, aku mulai memperhatikan makananku, mulai masak lagi, itu bentuk self-love," ungkap Meira.

 

Rambut Aku Kata Aku

Selain memperhatikan tubuh dengan makan sehat dan menjaga pikiran tetap positif dengan merawat tanaman, Meira juga mengekspresikan bentuk self-love dengan selalu rajin merawat rambutnya. "Rambutku sempat hitam, tapi aku merasa kurang seru, jadi aku memutuskan untuk warnain lagi, meski tidak memperlihatkan rambut ke orang lain, tapi aku merasa punya rambut nyaman buat kita dan sehat bikin kita lebih happy," kata Meira.

Menariknya, Meira tak ambil pusing dengan apa kata orang tentang gaya rambutnya yang identik potong pendek dan sering gonta-ganti warna rambut. Ia meyakini prinsip 'Rambut Aku Kata Aku'. Ia juga mendukung beauty diversity yang disuarakan oleh Dove.

"Rambut panjang lurus cantik, rambut yang pendek, keriting diwarnai juga cantik kembali lagi kalau membuat seorang perempuan merasa happy dengan penampilannya, maka itu adalah definisi cantik yang sesungguhnya. Makanya, yang terpenting perawatan, meski rambut pendek ya perlu perawatan, dengan cuci rambut pakai Dove Super Shampoo juga, karena bisa bikin rambut jadi lembut dan tidak lepek, jadi rambut aku kata aku," imbuh Meira.

Bicara sampo, Melody rupanya sepakat. Dove Super Shampoo mampu mengatasi rambut rontok, berketombe dan juga lepek, tiga masalah rambut yang sering dialami perempuan Indonesia bisa teratasi dengan satu sampo. Meski ia mengenakan hijab sekarang ini, tetapi hal tersebut justru membuatnya jadi memberikan perhatian lebih pada perawatan rambut. Apalagi saat pakai hijab, rambut diikat, sehingga mudah rontok dan lepek. Sebagai solusi, Melody pun juga menjatuhkan pilihan pada Dove Super Shampoo.

"Bagi aku kesehatan rambut penting banget. Pada saat berhijab, masalahnya jadi lepek, jadinya aku mikir, mau tak mau harus dirawat, karena rambut aku kata aku kan, jadi mood bisa bagus jika rambut indah. Apalagi kalau ketombe, lepek, rontok, karena diikat saat berhijab, sehinga aku lebih peduli merawat rambut, dengan keramas setiap hari menggunakan Dove Super Shampoo," jelas Melody.

 

Self-love Bukan Berarti Selfish

Tak sampai di situ, Melody juga menambahkan jika self-love bukan berarti egois. Intinya harus tahu batasan dan menyesuaikan situasi dan kondisi. "Selama apa yang kita lakukan tak merugikan orang lain, kita bersyukur dengan kelebihan yang kita punya, apa yang kita punya perlu kita rawat sebagai sebagai bentuk self-love pada diri sendiri, jadi menurutku itu bukan selfish," ungkapnya.

Senada dengan Melody, Meira mengungkapkan bentuk self-love bagi seorang ibu, yang kadang butuh me time tapi masih ragu, apakah meninggalkan anak termasuk egois atau tidak.

"Ibu selalu diharapkan untuk memberi, banyak sekali tuntunan untuk para ibu, ketika kita tahu anak kita berada di lingkungan aman, make sure aman, misalnya dengan suami, itu tak apa-apa, bukan berarti selfish juga, kita butuh me time, recharge tubuh dan pikiran, emosi, agar bisa menjadi ibu yang lebih baik lagi. Kalau ibu bahagia, akan bisa menghasilkan anak-anak dan keluarga yang bahagia juga," imbuh Meira.

Di akhir acara, baik Melody maupun Meira sama-sama menegaskan untuk menjadi versi super dari dirimu, kamu perlu menerapkan self-love, termasuk soal standar kecantikan.

"Buang jauh-jauh standar fisik yang dibentuk lingkungan sosial, semua punya standar kecantikan masing-masing, harus disyukuri, karena harus berdasarkan kenyamanan diri. Dan yang terpenting, perhatikan perawatan diri sendiri, termasuk aku misalnya sudah menemukan self-love dengan merawat rambut mengandalkan Dove Super Shampoo," kata Melody.

Meira juga menambahkan, jika cantik tak hanya dari luar, tetapi dari dalam. "Misalnya dia sangat menyenangkan, enak diajak ngobrol, ngangenin dan nggak ngebosenin, menurutku itu bisa jadi definisi cantik juga, karena cantik tak hanya dari luar, tapi juga dari dalam," pungkasnya.

So, jangan membanding-bandingkan diri dengan orang lain karena setiap orang berbeda, selalu bersyukur dengan apa yang kita punya, dan juga mau memperbaiki kekurangan yang dimiliki supaya bisa jadi versi super dari diri kita sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading