Sukses

Lifestyle

Alasan Pendidikan sangat Penting untuk Mencegah Kekerasan pada Perempuan

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan perlu tahu bahwa pendidikan bukan sekedar kewajiban sepele yang harus dijalani setiap orang. Pendidikan punya andil sangat besar dalam mencegah kekerasan terhadap perempuan, karena perempuan cerdas tahu apa hak yang bisa ia dapat dan tahu bagaimana cara menolak kekerasan pada dirinya sendiri atau sesama perempuan lainnya.

Seperti yang pernah didiskusikan oleh UNICEF bahwa edukasi terhadap anak-anak, terutama anak perempuan, memegang peran sangat penting bukan hanya membebaskan mereka dari kemiskinan namun juga

Menurut World Bank, penambahan satu tahun pendidikan menengah yang didapat anak perempuan berkorelasi besar terhadap kenaikan gaji mereka sebesar 25% di kemudian hari. Efek selanjutnya yang dibawa generasi perempuan berpendidikan adalah melahirkan anak-anak yang juga berpendidikan, lebih sehat dan lebih cerdas.

Pendidikan menguatkan para perempuan

Bahkan perempuan berpendidikan mengambil peran jauh lebih besar terhadap perkembangan perekonomian, dalam keluarga atau komunitasnya sendiri. Mereka cenderung menginvestasikan kembali 90% dari apa yang mereka peroleh dari pendidikan untuk keluarga mereka. Dari sini tentu sudah terlihat betapa menakjubkannya peran pendidikan ya Sahabat Fimela.

Lebih menarik lagi, pendidikan pada perempuan mampu menunda terjadinya pernikahan dini, kekerasan seksual yang kemungkinan mereka alami di dalam masyarakat dan melahirkan anak sebelum waktunya. Perempuan akan belajar bahwa ia memiliki hak yang sama dengan lawan jenisnya, bukan hanya dalam hal mendapatkan pekerjaan dan gaji yang layak namun juga hak untuk dihargai dan dihormati sebagai sesama manusia.

Jadi, jika orang di luar sana berpikir pendidikan pada perempuan hanya hal sepele yang harus dijalani setiap hari, pikirkan kembali.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading