Sukses

Lifestyle

Meski Aku Sedang Kesulitan, Senyuman Mama Membuatku Merasa Baik-Baik Saja

Fimela.com, Jakarta Selalu ada cerita di balik setiap senyuman, terutama senyuman seorang ibu. Dalam hidup, kita pasti punya cerita yang berkesan tentang ibu kita tercinta. Bagi yang saat ini sudah menjadi ibu, kita pun punya pengalaman tersendiri terkait senyuman yang kita berikan untuk orang-orang tersayang kita. Menceritakan sosok ibu selalu menghadirkan sesuatu yang istimewa di hati kita bersama. Seperti tulisan yang dikirimkan Sahabat Fimela dalam Lomba Cerita Senyum Ibu berikut ini.

***

Oleh:  Paula Daulima

Dibesarkan oleh seorang mama yang suaminya pelaut yang jarang pulang, dan memiliki 7 orang anak tentu saja menjadikan mama saya sosok yang berbeda. Mama menjadi sosok yang kuat karena dibutuhkan banyak hal ekstra untuk menjalani semuanya. Yang mama saya jalani belum tentu bisa dijalani semua wanita. Bayangkan saja, beberapa kali mama saya harus menjalani proses melahirkan tanpa ditemani oleh papa saya. Tidak hanya proses melahirkan, proses membesarkan ketujuh anaknya pun hampir 80% dilakukannya sendiri. Tidak mudah, kan? 

Mama saya selalu bangun paling pagi di rumah untuk membuatkan sarapan walaupun kadang hanya sekadar teh manis hangat. Mama juga yang menyiapkan makan siang dan makan malam kami, bahkan seringkali mama menyiapkan kudapan sore, entah sekedar roti atau pisang goreng, marmer cake, bolu pandan, dan yang lainnya, hampir tidak pernah absen menghiasi sore kami.

Mama yang selalu pontang panting apabila waktu penerimaan rapot tiba karena anak-anaknya bersekolah di sekolah yang berbeda-beda. Ada yang masih TK dan ada yang sudah SMA. Mama yang selalu sibuk menyiapkan baju, sepatu, kue kering, dekorasi rumah menjelang Natal dengan dana yang sangat terbatas. Ya, hampir semua hal yang terjadi di rumah, Mama seorang diri yang mengurusnya. 

Tak Perlu Nasihat Panjang Lebar untuk Membuatku Tenang

Perjuangan tanpa pamrih yang telah mama lakukan selama ini memberikan pengaruh yang kuat untuk saya dan saudara-saudara saya. Apa yang mama lakukan menularkan kekuatan dan sikap pantang menyerah sekeras apa pun badai dalam hidup saya. Kegigihan mama untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarganya meneguhkan saya untuk terus berjuang. 

Di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, kondisi finansial keluarga kecil saya pun terkena dampaknya. Saya pun berusaha sekuat tenaga bertahan di tengah kondisi terpuruk. Seringkali Mama menjadi tempat saya mencurahkan keluh kesah saya.

Mama tidak banyak memberikan wejangan panjang lebar. Dengan senyuman yang menenangkan Mama selalu katakan ini, "Ini semua pasti berlalu, tetaplah berdoa minta kekuatan dari Tuhan. Kalau Mama bisa lewati masa-masa sulit, kamu pun pasti bisa."  Nasihat sederhana dan senyum yang menguatkan, menenangkan, dan meneguhkan bahwa sesulit apa pun kondisinya, saya akan mampu bertahan. Waktu mama tersenyum, saya tahu pasti saya akan baik-baik saja melewati masa sulit ini karena mama saya sudah membuktikannya.

Selamat Hari Ibu, Ma.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading