Sukses

Lifestyle

4 Alasan Perempuan Perlu Sesekali Menghabiskan Waktu Sendirian

Fimela.com, Jakarta Saat tubuh dan pikiran sudah terasa sangat lelah, maka yang perlu kita lakukan adalah mengambil jeda untuk beristirahat sejenak. Ketika rasanya sudah sangat tertekan dan stres dengan banyak hal, ini tandanya kita perlu meluangkan waktu sendirian. Sesekali kita perlu meluangkan waktu untuk "menyepi" atau menikmati seorang diri.

Bukan karena kita manja atau pemalas, tapi kadang tidak melakukan apa-apa selama beberapa saat bisa memberi manfaat tersendiri. Menikmati waktu seorang diri dan menghabiskan waktu beberapa saat untuk diri sendiri bisa sangatlah diperlukan. Apalagi di tengah situasi yang sangat tidak menentu dengan hal-hal yang kerap membuat mood kurang baik, kita perlu memberi ruang pada diri sendiri untuk beristirahat.

1. Melapangkan Hati untuk Lebih Banyak Bersyukur

Saat sedang menyendiri, coba atur kembali napasmu dan perlahan-lahan rasakan energi yang lebih positif mengalir dalam dirimu. Meluangkan waktu untuk diri sendiri membantu kita untuk lebih peka dengan hal-hal yang selama ini ada di sekitar kita tapi jarang kita sadari. Tanpa distraksi atau berbagai gangguan dari luar, kita bisa lebih fokus pada diri sendiri dan ruang hati kita sendiri. Dari sini kita pun akan terdorong untuk lebih banyak bersyukur. Semakin besar rasa syukur itu, semakin besar kebahagiaan yang bisa kita peroleh.

2. Lebih Ringan Melepaskan Hal-Hal yang di Luar Kendali Diri

Ada hal-hal yang terjadi di luar harapan. Bahkan mungkin banyak kenyataan yang jauh dari ekspektasi yang pernah kita buat. Situasi seperti ini kadang membuat kita stres dan sangat tertekan. Ketika kita bisa mengambil jeda dan menghabiskan waktu seorang diri, kita bisa lebih ringan melepaskan hal-hal yang memang tidak ada dalam genggaman kita. Kita bisa lebih ringan dan ikhlas menerima realita yang ada. Sehingga bisa lebih fokus untuk memperbarui prioritas hidup dan melakukan hal-hal yang masih ada dalam kendali diri.

3. Memudahkan Kita Memperbaiki Rutinitas

Ahli kesehatan mental Jill Sylvester, LMHC, dalam bukunya Trust Your Intuition: 100 Ways to Transform Anxiety and Depression For Stronger Mental Health memaparkan bahwa memiliki rutinitas yang dirancang sendiri bisa membuat kita merasa lebih berguna dan berdaya. Kadang kita mudah stres bahkan uring-uringan karena merasa kewalahan dengan banyak hal yang harus kita lakukan. Sulit mengatur waktu dan mengendalikan diri sendiri. Dengan mengambil jeda untuk menghabiskan waktu sendirian selama beberapa saat, pikiran kita bisa lebih jernih. Hal ini akan memudahkan kita untuk merancang rencana baru dan rutinitas baru yang lebih baik lagi ke depannya.

4. Menjernihkan Pikiran dari Berbagai Tuntutan Sosial yang Ada

Sebagai perempuan, kita akan dihadapkan oleh berbagai macam tuntutan sosial. Selalu saja ada tuntutan dari orang lain yang harus kita penuhi. Mulai dari soal pendidikan, pekerjaan, hingga pernikahan. Memang tak mudah untuk memenuhi semua tuntutan itu. Bahkan mungkin kita merasa mudah tertekan dan stres karena semua tuntutan tersebut. Dengan meluangkan waktu untuk sendiri, kita bisa kembali menyayangi diri sendiri kembali. Tidak lagi terlalu fokus pada semua tuntutan yang ada, tetapi berupaya untuk menata prioritas hidup sesuai dengan makna dan tujuan hidup yang dimiliki. 

Tak apa untuk mengambil jeda dan menikmati waktu seorang diri. Kadang kita hanya perlu sedikit jeda untuk membuat suasana hati lebih baik lagi. Sesekali kita perlu menyendiri untuk menyulam kembali seulas senyuman di wajah kita sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading