Sukses

Lifestyle

5 Cara Memanfaatkan Bonus dan THR Akhir Tahun dengan Optimal

Fimela.com, Jakarta Mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) di akhir tahun tentu membuat siapa pun merasa senang. Saking senangnya, kamu mungkin ingin membeli begitu banyak hal yang selama ini kamu inginkan namun belum sempat terbeli. Termasuk keperluan Hari Raya Natal. Namun, jangan langsung menghabiskannya dalam waktu singkat. 

Terutama jika keungan belum sehat. Agar dana THR yang kamu dapatkan lebih bermanfaat, Lifepal.co.id menyarankan Sahabat Fimela untuk memanfaatkan THR akhir tahun dengan sebaik-baiknya. 

Nah, berikut ini 5 cara memanfaatkan THR Natal dan Tahun Baru dengan optimal, sehingga kamu bisa mencapai tingkat finansial yang sehat. 

1. Lunasi Utang Konsumtif

Jangan gunakan THR untuk berbelanja dahulu jika kamu memiliki tunggakan utang konsumtif berbunga besar. Seperti payday loan dari pinjaman online, kartu kredit, dan utang untuk tujuan konsumtif lainnya. Setidaknya, 2021 nanti kamu bakal memulai tahun tanpa utang konsumtif. 

2. Dana Darurat

Kamu juga bisa mengalikasikan THR sebagai dana darurat. Dana ini sangat penting, yang bisa kamu gunakan suatu saat jika ada sesuatu yang mendesak. 

Setelah dana darurat terpenuhi, maka lakukan pengecekan terhadap jumlah aset lancar atau tabungan Anda. Bila jumlahnya sudah mencapai 15 hingga 20% dari kekayaan bersih, maka tandanya sudah sehat, namun jika belum gunakan saja beberapa persen dari dana THR untuk menambah tabungan Anda.

3. Beli Proteksi

Belilah proteksi seperti asuransi jiwa. Cari tahu besaran akan kebutuhan uang pertanggunganmu saat ini menggunkan kalkulator uang pertanggungan (UP) Lifepal.  

Bila Anda sudah memiliki asuransi jiwa, maka lakukan bedah polis untuk mengetahui apakah manfaatnya sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Namun jika sudah, coba tinjau ulang kebutuhan proteksi Anda, dari segi lain.

4. Investasi 

Kamu bisa menyisihkan sebagian THR-mu untuk membeli aset investasi. Kamu bisa memilih jenis investasi yang paling cocok untukmu seperti reksadana, saham, atau emas. 

5. Hitung Keperluan Natal dan Tahun Baru 

Buat daftar keperluan dan aktivitasmu selama Natal dan Tahun Baru. Mulai dari makan malam bersama keluarga, tukar kado, dan lainnya. Kemudian, tulis estimasi biaya dari setiap kegiatan tersebut sebelum THR-mu cair. Setelah itu, alokasikan THRmu sesuai dengan porsi masing-masing. 

Pastikan total pengeluaran kagiatan akhir tahun 50% dari dana THR. Jadi, setengahnya lagi kamu bisa alokasikan untuk dana darurat, proteksi, dan investasi. 

#ChangeMaker

 

Simak Video Berikut

What's On Fimela
Loading