Sukses

Lifestyle

Masih Perlukah Menggunakan Masker Setelah Vaksin Covid 19? Ini Jawaban Dokter

Fimela.com, Jakarta Vaksin Covid-19 memberikan titik cerah di saat pandemi ini semakin parah, bahkan setiap harinya angka positif terus bertambah. Jokowi pun menjadi orang pertama yang disuntikan vaksin Sinovac di Indonesia, hal ini dapat membuat masyarakat percaya jika tidak ada efek samping yang ditimbulkan setelah suntik.

Namun, sudah mendapatkan suntik vaksin bukan berarti sahabat Fimela langsung membuang atau melepas masker ketika berpergian dan berkumpul bersama-sama. Masker tetap menjadi hal yang penting yang tetap digunakan, vaksin tidak bisa mengubah ini.

"Bahkan jika telah divaksinasi, yang paling aman adalah melanjutkan dan terus memakai masker,” kata Dr. Ashley Hannings dari Fakultas Farmasi Universitas Georgia melansir 11alive.com.

Hal ini dikarenakan dibutuhkan dua suntikan dan waktu bagi vaksin untuk melatih tubuh kita tentang cara memerangi virus. Setelah itu, sistem kekebalan tahu bagaimana memblokir virus agar tidak menempel ke sel dan berkembang biak jika Anda terpapar padanya.

“Kalian dapat melawannya karena pernah terpapar dengan vaksin. Tapi tidak diketahui apakah masih bisa menularkannya ke orang lain atau tidak," ujar Dr. Hannings.

Dengan kata lain, yang disuntikan mungkin tidak sakit, tetapi virus yang telah ditolak mungkin meninggalkan tubuhmu dan berpindah ke orang lain.

Mencegah penularan penyakit semakin meluas

Jadi, para ahli medis terus merekomendasikan masker untuk membantu mencegah penularan bersama dengan jarak sosial untuk semua orang, bahkan mereka yang pernah mendapatkan vaksin.

Semakin banyak orang yang divaksinasi, para peneliti akan belajar lebih banyak tentang dampak penularan virus.

“Kami harus melihat beberapa bukti yang berasal dari produsen, tapi sampai kami tahu pasti, mereka akan terus merekomendasikan untuk memakai masker wajah,” kata Dr. Hannings.

Vaksin mungkin menjadi senjata terpenting kita dalam memerangi pandemi ini, tetapi itu tidak berarti sudah waktunya untuk menyingkirkan senjata lain seperti masker.

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Hong Kong Sahkan Kebijakan Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Anak Usia 3-17 Tahun
Artikel Selanjutnya
Menurut Epidemilog, Potensi Munculnya Gelombang 3 Covid-19 Berbeda dengan Tahun Lalu