Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Ini 5 Tanda Hubungan yang Langgeng

Fimela.com, Jakarta Setiap pasangan punya karakteristik masing-masing. Setiap hubungan punya chemistry sendiri-sendiri. Benar bahwa setiap hubungan punya keunikannya masing-masing serta berbeda satu sama lain.

Satu hal yang pasti dan diinginkan banyak pasangan adalah memiliki hubungan yang langgeng. Hubungan yang berhasil dalam jangka panjang menjadi harapan banyak pasangan. Ada sebuah penelitian yang menarik terkait hubungan yang langgeng. Melansir laman wellandgood.com, para peneliti mengkaji 43 penelitian tentang hubungan untuk menganalisis 11.196 hubungan romantis. Dari kajian itu, para peneliti berharap bisa menemukan rahasia hubungan yang bahagia dan langgeng. Mereka pun menemukan lima hal yang dimiliki pasangan dalam hubungan yang langgeng, yaitu komitmen pasangan yang terasa, apresiasi, kepuasan seksual, kepuasan pasangan yang terasa, dan seberapa baik konflik ditangani.

1. Komitmen Pasangan yang Terasa

Pakar percintaan dan seks, Tammy Nelson, PhD mengungkapkan bahwa cara kita merasakan komitmen pasangan lebih penting daripada cara kita melihat komitmen pasangan kita terhadap kita. Saat kita sudah merasa yakin bahwa pasangan kita berkomitmen untuk tetap bersama kita, maka kita bisa merasa tenang dan percaya diri bahwa hubungan akan langgeng.

2. Apresiasi

Apreasi dalam sebuah hubungan tidak baik jika hanya satu arah. Perlu ada timbal balik atau saling memberi dan menerima. Penting bagi pasangan untuk saling mengapresiasi atau menghargai satu sama lain untuk menjaga hubungan tetap langgeng.

 

3. Kepuasan Seksual

"Sebagai ahli terapi seks, saya sangat setuju bahwa kepuasan seksual adalah perekat yang membuat hubungan jangka panjang bertahan," papar Dr. Nelson. Kepuasan seksual bisa sangat memengaruhi keharmonisan dan kelanggengan sebuah hubungan, khususnya hubungan suami istri.

4. Kepuasan Pasangan yang Terasa

Memiliki pasangan yang merasa puas bisa meningkatkan kepercayaan diri kita. Saat melihat pasangan merasa puas, seperti dalam hal hubungan intim suami istri, maka ada rasa percaya diri yang meningkat. Ini pun bisa mengupayakan sebuah hubungan bisa bertahan dalam jangka waktu lama atau langgeng.

5. Cara Mengatasi Konflik yang Baik

Hubungan yang langgeng bukan berarti hubungan yang bebas konflik atau pertengkaran. Justru hubungan yang langgeng bisa dicapai dari seberapa baik kita mengatasi konflik yang ada. "Jika pasangan bisa mengatasi konflik mereka dan mengakhiri perdebatan dengan baik, mereka berpeluang besar untuk tetap bersama dan bahagia," ungkap Dr. Nelson.

Semoga hubungan yang sedang kamu jalin saat ini bisa bertahan lama dan langgeng terus, ya. Tetap jaga komunikasi dengan baik serta bangun komitmen yang kuat sebagai pondasi hubunganmu.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading