Sukses

Lifestyle

3 Tips Merencanakan Persiapan Warisan yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Dalam perencanaan keuangan, warisan menjadi instrumen keuangan yang luput dari perhitungan. Kebanyakan masyarakat Indonesia terlalu fokus dengan dana darurat dan dana pensiun. Padahal, warisan juga instrumen keuangan yang cukup penting untuk menyelamatkan kondisi finansial orang yang kita sayang di saat kita meninggal.

Dengan menyiapkan warisan, kita memastikan keluarga dan orang tersayang tetap memiliki kehidupan yang layak saat kita tinggalkan. Menurut Dani Rachmat selaku Pegiat Perencana Keuangan menilai urgensi dari punya warisan adalah kebanyakan generasi muda masa kini merupakan sandwich generation.

"Ketika saya sedang aktif bekerja, harus support keluarga kecil saya, support orangtua saya. Saya tidak ingin anak-anak saya mengalami hal yang sama. Ketika saya tua nanti, anak saya tidak perlu mengurusi pemakaman yang dananya mahal. Jika ada sisa bisa dipakai untuk pendidikan, Warisan membuat anak saya bisa lebih kuat secara finansial," ungkap Dani Rachmat.

Tidak perlu harus memiliki dana yang besar terlebih dahulu untuk memiliki warisan. Dani Rachmat pun membagikan tips bagaimana mempersiapkan dana warisan yang tepat.

 

1. Disiapkan sedini mungkin

Mempersiapkan dana warisan harus dilakukan sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi jiwa. Menurut Dani, untuk memiliki warisan dalam bentuk instrumen lain, emas atau properti, harus memiliki jumlah dana yang cukup untuk dibelikan warisan. Dengan asuransi jiwa, bisa dicicil dengan membayar premi.

2. Alihkan kebutuhan dana besar

Memiliki warisan dengan asuransi jiwa bisa disesuaikan dengan kemampuan kita akan pembayaran premi. Idealnya, kamu bisa menyisihkan 10% dari penghasilan untuk membayar premi asuransi jiwa. Jika nanti memiliki penghasilan yang bertambah, pembayaran premi bisa disesuaikan kembali sesuai kemampuan.

3. Pilih perusahaan terpercaya

Ini menjadi poin penting dalam memiliki warisan. Pilih perusahaan yang memiliki proses pencairan dana yang cepat. Tanpa perlu proses pengalihan seperti pada instrumen warisan lainnya. Jika polis asuransi sudah mencapai maksimal, bisa langsung cair ke ahli waris yang tertulis pada polis.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading