Sukses

Lifestyle

Kudeta Myanmar, Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Myint Ditahan Dini Hari Tadi

Fimela.com, Jakarta Aung San Suu Kyi, pemimpin perempuan Myanmar dan tokoh senior lainnya dari partai yang berkuasa telah ditahan dalam penggerebekan dini hari, kata juru bicara Liga Nasional untuk Demokrasi yang mengatur, Senin (01/02).

Tindakan itu dilakukan setelah terjadinya ketegangan yang meningkat selama berhari-hari antara pemerintah sipil dan militer Myanmar yang kuat dan menimbulkan ketakutan akan kudeta setelah pemilihan umum yang menurut pihak militer terdapat kecurangan.

Mengutip dari Reuters (01/02), Juru bicara Myo Nyunt mengatakan kepada Reuters melalui telepon bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan para pemimpin lainnya telah "diambil" pada dini hari.

"Saya ingin memberitahu kepada orang-orang kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum," katanya, seraya menambahkan bahwa dia sendiri diperkirakan akan ditangkap. Reuters kemudian tidak dapat menghubunginya.

Saluran telepon ke Naypyitaw, ibu kota Myanmar, tidak bisa dihubungi pada Senin dini hari. Parlemen sedianya akan mulai duduk di sana pada Senin setelah pemilihan November National League Democracy (NLD) menang telak. Sedangkan juru bicara militer tidak menjawab panggilan telepon untuk dimintai komentar.

Televisi MRTV yang dikelola negara mengatakan dalam sebuah unggahan Facebook bahwa hal ini tidak dapat disiarkan karena masalah teknis.

Seorang anggota parlemen NLD, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan, mengatakan salah satu dari mereka yang ditahan adalah Han Thar Myint, anggota komite eksekutif pusat partai.

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Suu Kyi, berkuasa setelah menang telak dalam pemilihan umum tahun 2015 yang mengikuti beberapa dekade tahanan rumah dalam perjuangan untuk demokrasi yang mengubahnya menjadi ikon internasional.

 

Kudeta Myanmar

Reputasinya meredup setelah ratusan ribu Rohingya melarikan diri dari operasi militer ke pengungsian dari negara bagian Rakhine barat Myanmar pada tahun 2017, tetapi dirinya tetap menjadi sosok yang populer.

NLD menang telak dalam pemilihan November lalu, mengalahkan partai pro-militer. Militer Myanmar telah mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka akan melindungi dan mematuhi konstitusi dan bertindak sesuai dengan hukum setelah mengeluarkan komentar awal pekan ini. Kekhawatiran akan adanya kudeta tak terhindarkan.

Komisi pemilihan Myanmar telah menolak tuduhan militer atas kecurangan suara, dengan mengatakan tidak ada kesalahan yang cukup besar untuk mempengaruhi kredibilitas pemungutan suara.

Konstitusi memiliki 25% kursi di parlemen untuk militer dan kontrol dari tiga kementerian utama dalam pemerintahan Suu Kyi.

Jubir partai pemerintah menilai militer sedang melakukan kudeta. Terakhir kali militer Myanmar melakukan kudeta adalah pada 1988 dalam gerakan 8888. Saat itu, Myanmar mengalami krisis ekonomi dan aparat bertingkah represif.

Penulis: Adonia Bernike Anaya (Nia)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading