Sukses

Lifestyle

3 Cara agar Jatuh Cinta Tak Membuatmu jadi "Bodoh"

Fimela.com, Jakarta Saat sedang jatuh cinta pada seseorang, dunia seakan terasa berbeda. Cara kita bersikap dan memandang sesuatu pun menjadi tak sama. Bahkan saat sedang tergila-gila pada seseorang, kita sekan menjadi orang "bodoh" karena melakukan hal-hal yang terasa lebih konyol dari biasanya.

Bagaimana agar jatuh cinta tak membuat kita jadi "bodoh"? Meski ini tidak mudah, tapi ada strategi yang bisa dicoba. Melansir laman psychologytoday.com, ada pendekatan yang bisa dicoba dan dilakukan agar bisa tetap menjaga kewarasan saat sedang jatuh cinta.

1. Membangun Pola Pikir seperti Sedang Diet

Bayangkan saat ini sedang diet. Ketika diet, kita tahu bahwa ketika kalah dengan godaan, maka kita bisa makin kebablasan. Yang tadinya sudah bertahan untuk tidak makan kentang goreng demi diet, tapi begitu mencoba satu kentang, jadi kesulitan untuk mengontrol diri dan akhirnya makan berlebihan. Pendekatan ini bisa diterapkan saat misalnya sedang naksir seseorang. Jika tidak ingin kebablasan seperti penguntit, maka tahan diri untuk tidak sering-sering mengecek akun media sosialnya atau mengirim pesan padanya.

2. Buat Strategi Jika-Maka

Lebih dari 100 penelitian ilmiah, seperti pada pola membangun pola makan, olahraga, hingga rencana berhenti merokok, menunjukkan bahwa memutuskan dari awal cara kita mengatasi impuls bisa meningkatkan peluang sukses sebanyak dua hingga tiga kali. Misalnya, pada diet, jika ingin menikmati kudapan, maka akan memilih buah dan sayur. Lalu ketika menjadi pengagum rahasia seseorang, jika ingin mendengar suaranya, maka bisa mendengarkan lagu yang kita suka. Meski mungkin sulit untuk mengontrol diri, tapi kita bisa setidaknya mengatur perasaan supaya tidak terlalu berlebihan atau tergila-gila.

3. Selalu Ambil Jeda sebelum Melakukan Sesuatu

Mengendalikan diri menjadi kunci yang sangat penting. Sebelum melakukan tindakan yang tak biasa, coba untuk ambil jeda lebih dulu. Pikirkan efeknya atau hal yang mungkin akan terjadi kemudian. Sebagai contoh, sebelum membuat puisi cinta yang ditujukan padanya untuk diunggah di media sosial, pikirkan kembali apakah kamu sudah siap menerima segala kemungkinan respons yang ada. Atau ketika ingin meneleponnya, pikirkan apa sudah siap untuk menerima kemungkinan dia tidak mau mengangkat telepon kita. Selalu ambil jeda, dan pikirkan lagi dua kali sebelum melakukan hal-hal yang tak biasa kamu lakukan.

Memang saat sedang jatuh cinta, cara kita berpikir dan bersikap bisa sangat berbeda dari biasanya. Tapi semua kembali pada individu masing-masing. Sebab cara tiap orang bersikap dan menyikapi perasaannya jelas berbeda satu sama lain. Tapi semoga perasaan cinta yang kamu rasakan bisa menghadirkan lebih banyak kebahagiaan, ya.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tanda Dia Menyukaimu tapi Enggan Mengakuinya
Artikel Selanjutnya
5 Cara Tak Terduga Pasangan Bahagia Pertahankan Hubungan Cinta