Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Lifestyle

Seberapa Banyak Bercinta yang Dianggap Berlebihan?

Fimela.com, Jakarta Bercinta, hubungan intim atau hubungan seksual sangat wajar dilakukan pasangan yang sudah menikah. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa sebuah pernikahan tak akan berjalan harmonis tanpa adanya hubungan intim yang disepakati bersama.

BACA JUGA

Namun pemahaman bercinta untuk setiap orang, bahkan untuk pasangan suami-istri bisa sangat berbeda, tergantung gairah seksual masing-masing. Ada pasangan menikah yang sangat aktif melakukan hubungan seksual dan ada juga yang sesekali saja. Ada orang yang berpikir seminggu tiga kali itu terlalu banyak, dan ada juga yang menganggap dua minggu sekali itu sudah cukup.

Perbedaan pandangan inilah yang kemudian menimbulkan pertanyaan, sebenarnya seberapa banyak bercinta yang dianggap terlalu banyak dan berlebihan? Berapa kali bercinta yang seharusnya dianggap cukup?

Jumlah hubungan intim yang tidak berlebihan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Archives of Sexual Behavior tahun 2017 menemukan bahwa 54 kali setahun adalah jumlah bercinta yang dianggap normal dan cukup bagi banyak orang. Dengan kata lain, seminggu sekali (dan beberapa kali sebagai tambahan di kala tertentu).

Namun bagi beberapa ahli hubungan cinta dan seksual Rebecca C. Brightman, MD, dalam Health.com, jumlah hubungan intim yang terlalu banyak atau terlalu sedikit sebenarnya bisa ditentukan sendiri oleh pasangan suami-istri karena kebutuhan seksual setiap orang berbeda-beda.

"Definisi sering berhubungan seks bervariasi dan jika terasa nyaman dan tidak menyakitkan, maka seks berapa kali pun tidak masalah," ujarnya. Jika memang lebih dari seminggu sekali menjadi hal yang kurang memenuhi kebutuhan, tentu tak akan ada masalah jika menambah frekuensi bercinta.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah hubungan seksual di dalam pernikahan sudah cukup dan memenuhi kebutuhan biologis? Cara paling tepat adalah dengan mengomunikasikannya dengan pasangan. Mengatakan apa yang diinginkan dan dibutuhkan, kemudian saling menyepakati berapa banyak hubungan seksual yang "sehat" bagi mereka.

Fakta yang perlu dicatat ya Sahabat Fimela. Jangan sampai karena urusan bercinta pernikahan menjadi bermasalah.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading