Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Perubahan pada Ini Pertanda Hubungan akan Putus

Fimela.com, Jakarta Tidak semua hubungan berhasil. Pada kenyataannya, ada orang yang menerima kenyataan pahit akan hubungan yang putus di tengah jalan. Putusnya sebuah hubungan memang selalu menghadirkan luka tersendiri. Tapi tahukah bahwa ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk mengetahui sebuah hubungan berada di ujung tanduk?

Ada penelitian menarik terkait pertanda hubungan yang akan putus. Melansir pnas.org, sebah penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the National Acadmy of Sciences menganalisis unggahan pengguna Reddit yang membahas soal putus hubungan. Dalam penelitian itu, ditemukan bahwa bahasa mereka berubah tiga bulan sebelum mereka putus, dan perubahan bahasa itu bertahan selama enam bulan setelah putus.

 

Perubahan Bahasa

Terlepas dari apakah pengguna Reddit itu yang diputus atau yang memutuskan hubungan, mereka menggunakan kata seperti "aku" dan "kita" sebelum dan sesudah putus. Para peneliti mengatakan kata-kata terebut menunjukkan bahwa para pengguna dalam mode pemikiran kognitif dan melihat penurunan dalam pemikiran analitis.

"Fakta bahwa ada perubahan bahasa sebelum momen putus terjadi berarti bahwa meski orang-orang tidak selalu bisa melihat hubungan itu akan berakhir, perubahan itu sudah memengaruhi kehidupan mereka," papar Sarah Seraj, kandidat doktor psikologi di The University of Texas, Austin.

Kelly Scott, seorang terapis senior di New York City menganggap penelitian tersebut menarik. Dia menggarisbawahi bahwa ketika orang membahas soal hubungannya dengan orang lain, itu bisa menunjukkan hal-hal yang berada di alam bawah sadarnya.

Memang tidak mudah untuk meneliti atau mengkaji putus cinta. Sebab putusnya hubungan sangat bergantung pada pengalaman setiap manusia. Seraj sendiri memaparkan bahwa meneliti dengan konteks dunia nyata terkait putus cinta bisa sangat sulit. Namun, pengguna media sosial meninggalkan petunjuk dan tanda-tanda tentang bagaimana nasib mereka dalam suatu hubungan.

Dalam penelitian ini, para penelitian menganalisis lebih dari 1 juta unggahan Reddit oleh 6.803 pengguna dalam setahun tahun sebelum dan setahun setelah putus hubungan. Para peneliti melihat bahasa yang digunakan dalam pecakapan yang digunakan dalam membahas putus cinta dan percakapan tentang topik lainnya.

Para peneliti menemukan bahwa jika pasanganmu lebih sering menggunakan kata-kata seperti "aku" dan "kita" daripada biasanya, ini bisa jadi pertanda hubungan berada di ujung tanduk. Perubahan dalam penggunaan bahasa ini bisa menjadi pertanda ada perlu segera diperbaiki dalam hubungan. Jadi, bila kamu mendapati perubahan dalam berbahasa pada pasanganmu, coba lebih peka lagi karena mungkin ada masalah yang perlu segera dibenahi jika tidak ingin hubungan berakhir begitu.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Mengapa Perempuan Potong Rambut Usai Putus Cinta dari Ahli
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mengatasi Sakit Hati setelah Putus Cinta