Sukses

Lifestyle

5 Jenis Tanaman Herbal yang Bisa Menyembuhkan Kulit Gatal

Fimela.com, Jakarta Kulit gatal sering dialami semua usia, yang disebabkan karena alergi, kulit kering, digigit serangga, terkena bahan kimia, debu atau mengalami kondisi kulit tertentu.

Saat kulit merasa gatal, akan muncul rasa nyeri atau panas di kulit, kemudian kulit menjadi kemerahan, pecah-pecah dan bekas garukkannya biasanya akan susah untuk hilang.

Rasa gatal yang tidak segera diatasi, bisa menyebabkan masalah kulit yang lainnya. Gatal di kulit bisa disembuhkan dengan obat-obatan dari dokter, tetapi juga bisa disembuhkan dengan tanaman herbal yang memiliki kandungan khusus, yang berfungsi untuk menyembuhkan kulit gatal. Berikut jenis tanaman yang bisa menyembuhkan kulit gatal, dilansir dari Brilio.net:

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah jenis tanaman herbal yang pertama, yang memiliki fungsi untuk menyembuhkan kulit gatal, mengurangi kemerahan karena alergi dan melembapkan kulit yang kering.

Lidah buaya sudah dikenal dari zaman dahulu, sebagai tanaman herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena memiliki kandungan antimikroba atau antibakteri, yang bisa mencegah gatal dikulit, akibat racun dari serangga, debu atau jamur kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan kulit gatal, yaitu dengan cara mengambil gel lidah buaya, lalu aplikasikan di area kulit yang mengalami gatal-gatal. Biarkan gel tersebut meresap ke dalam kulit dan ulangi mengaplikasikan gel ini setiap beberapa jam sekali.

Daun Mint

Jenis tanaman herbal yang selanjutnya adalah daun mint. Daun mint dikenal sebagai tanaman herbal, karena memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, antioksidan dan antiinflamasi.

Sehingga daun mint sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti menyembuhkan kulit gatal, mengatasi jerawat, mengurangi peradangan dan mendinginkan kulit yang iritasi.

Untuk menyembuhkan gatal, kamu bisa menggunakan minyak mint atau remasan daun mint, kemudain aplikasikan atau tempelkan ke area kulit yang gatal, maka kandungan daun mint akan bekerja optimal untuk menyembuhkan gatal ringan.

Daun Pegagan

Centella asiatica atau daun pegagan, adalah tanaman yang baru-baru ini sedang populer di dunia kecantikan. Karena tanaman herbal ini mampu menyembuhkan masalah kulit, terutama kulit sensitif dan jerawat.

Kulit yang sensitif akan sangat mudah bereaksi dengan alergi. Saat kulit terkena pemicu alergi, kulit akan terasa terbakar, mengelupas dan mengalami gatal-gatal.

Pegagan memiliki kandungan anti alergi, antipruritus dan anti peradangan. Cara menggunakannya untuk menyembuhkan luka, yaitu dengan cara mengonsumsi daun pegagan yang diolah menjadi jus dengan campuran seledri.

Kulit Pisang

Tak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat. Kulit buah pisang juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk membantu menyembuhkan kulit yang gatal.

Kulit pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C dan mineral. Selain itu, kulit pisang juga memiliki senyawa antioksidan dan antijamur yang baik untuk kesehatan kulit.

Cara menggunakan kulit pisang untuk menyembuhkan gatal, yaitu dengan menggosokkan atau memijatkan kulit pisang bagian dalam, ke area kulit yang mengalami ruam atau gatal.

Timun

Jenis tanaman herbal yang terakhir adalah timun. Timun merupakan tanaman herbal sejenis sayuran, yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, dan dapat di olah menjadi masker untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Timun memiliki kandungan yang kaya akan mineral, vitamin C, vitamin A, folat dan asam kafeik, yang memiliki senyawa antiinflamasi dan antioksidan.

Timun bisa mendinginkan area kulit yang gatal, dengan cara memotong timun, lalu oleskan dibagian kulit yang mengalami gatal dan bersihkan dengan air, kemudian oleskan pelembap anti gatal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading