Sukses

Lifestyle

Megetahui Simbol 6 Jenis Hidangan yang Selalu Ada saat Perayaan Imlek

Fimela.com, Jakarta Tahun Baru Imlek merupakan salah satu perayaan bagi orang-orang Tionghoa. Perayaan ini bisanya digelar begitu meriah. Banyak keluarga Tionghoa akan berkumpul untuk merayakannya. Mereka akan menyiapkan hidangan khas Imlek dan tentunya memiliki berbagai macam simbol dari masing-masing jenis makanan tersebut. Setiap hidangan mewakili simbol yang membawa keinginan yang signifikan untuk membawa lebih banyak keberuntungan, kesehatan atau kemakmuran untuk tahun baru. Nah berikut ini adalah beberapa hidangan khas Imlek yang wajib ada dalam perayaannya serta makna dari makanan tersebut.

Ikan

Ikan dalam bahasa Cina adalah 'Yú / yoo' yang juga terdengar seperti kata kelimpahan atau kelebihan. Ikan kukus utuh dengan jahe dan kecap asin biasanya disajikan pada akhir makan malam Tahun Baru Imlek untuk melambangkan keinginan membawa kemakmuran dan kekayaan untuk tahun yang akan datang.

Nian Gao

Yang satu ini mungkin lebih asing bagi sebagian orang tetapi Nian Gao adalah kue bulat yang terbuat dari telur, tepung ketan, santan dan gula. Itu memainkan frase nian nian gao sheng yang berarti lebih banyak kemakmuran dari tahun ke tahun.

Tang Yuan

Bola nasi manis ini bertekstur kenyal dan terbuat dari tepung beras ketan dan air. Meskipun bolanya sendiri cukup polos, biasanya disajikan dengan kaldu manis atau diisi dengan pasta kacang atau wijen hitam. Manisnya dari makanan tersebut melambangkan kehidupan yang manis dan bentuk bulat menandakan reuni keluarga. Ditambah lagi, tepung ketan memiliki tekstur yang lengket melambangkan kekompakan atau kebersamaan dalam satu keluarga.

Jeruk Mandarin

Buah bulat berbentuk oranye ini, melambangkan warna kuning atau emas juga ditampilkan pada Tahun Baru Imlek. Kita akan sering menemukan jeruk mandarin, jeruk keprok, dan jeruk bali sebagai hadiah karena bentuk bulat melambangkan kepenuhan dan warnanya melambangkan keberuntungan.

Mie Panjang Umur

Mi telur panjang konon melambangkan umur panjang yang ditandai dengan panjangnya mie. Mie ini sering disantap pada hari ulang tahun tetapi juga menjadi hidangan wajib di pesta Tahun Baru. Ingat, lebih panjang mie, itu akan lebih baik dan jaga mie agar tetap tidak terpotong saat menyakijakannya.

Dumpling

Dumpling telah ada selama ribuan tahun dan merupakan hidangan tradisional yang dimakan pada Malam Tahun Baru. Ini cara yang bagus untuk mengumpulkan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama mempersiapkan pesta. Coba sembunyikan koin di dalam salah satu dumpling sebagai permainan kecil karena siapa pun yang menemukannya dikatakan memiliki keberuntungan untuk tahun baru. Yang lain juga mengatakan bahwa semakin banyak makan, semakin banyak uang yang akan dihasilkan di tahun baru.

Nah, berikut tadi beberapa jenis hidangan yang selalu ada dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Nah, sampai sejauh mana nih, persiapan perayaan Tahu Baru Imlek bagi Sahabat Fimela yang hendak merayakannya?

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading