Sukses

Lifestyle

5 Kesalahan dalam Minum Teh Hijau yang Perlu Dihindari

Fimela.com, Jakarta Sering kita mendengar teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan. Memang teh hijau memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, apakah cara kita meminum teh hijau sudah benar?

Konsumsi ideal teh hijau per hari adalah antara dua hingga empat cangkir. Selain itu, melansir laman timesofindia.indiatimes.com, ada beberapa kesalahan dalam minum teh hijau yang perlu dihindari. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Minum Teh Hijau Tepat Sesudah Makan

Salah satu miskonsepsi terbesar dalam minum teh hijau adalah minum teh hijau tepat setelah makan bisa menghilangkan semua kalori yang baru masuk ke dalam tubuh. Padahal protein dalam makanan yang kita konsumsi perlu waktu untuk dicerna oleh tubuh. Kalau langsung minum teh hijau langsung setelah makan, maka kita hanya akan menghambat proses pencernaan. Maka dari itu, ada baiknya untuk memberi jeda terlebih dahulu waktu antara setelah makan dan minum teh hijau.

2. Minum Teh Hijau dalam Keadaan Masih Sangat Panas

Minum teh hijau saat masih dalam keadaan sangat panas akan membuat rasanya hambaar. Tak hanya itu saja, bahkan bisa melukai tenggorokan dan perut kita. Jadi, teh hijau ada baiknya dinikmati saat hangat.

 

 

3. Minum Teh Hijau dalam Keadaan Perut Kosong

Saat perut masih dalam keadaan kosong, hindari minum teh hijau. Konsumsi sesuatu yang ringan lebih dulu untuk mengaktifkan metabolisme tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan kuat dan polifenol kuat yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan mengganggu pencernaan. Ada baiknya teh hijau diminum di antara waktu makan atau beberapa saat setelah selesai makan.

4. Minum Teh Hijau dengan Obat-obatan

Saat sedang sakit flu misalnya, lalu perlu minum obat teratur agar sembuh, hindari minum obat bersamaan dengan teh hijau. Teh hijau tidak direkomendasikan diminum dengan obat-obatan. Sebab kandungan obat-obatan atau pil bisa tercampur dengan teh hijau dan menyebabkan peningkatan keasaman. Jadi, obat-obatan sebaiknya diminum dengan air putih biasa saja.

5. Minum Teh Hijau yang Diseduh Terlalu Lama

Menyeduh teh hijau terlalu lama tidak akan mengekstrak lebih banyak nutrisi untuk keluar. Malah yang terjadi teh hijau akan terasa pahit bila diseduh terlalu lama. Selain itu, ada baiknya tidak menambahkan pemanis buatan pada teh hijau yang diminum.

Teh hijau sebaiknya diminum perlahan-lahan. Serta tidak disarankan minum lebih dari empat cangkir teh hijau dalam sehari. Secukupnya saja, ya. Semoga info di atas bermanfaat.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Jarang Disadari, Ada 5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Liburan
Artikel Selanjutnya
Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Susu Pisang Bagi Kesehatan