Sukses

Lifestyle

Jadi Co-Chair Koalisi Iklim, Simak Sepak Terjang Sri Mulyani di Dunia Internasional

Fimela.com, Jakarta Nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali menjadi topik pemberitaan dan perbincangan di media sosial. Pasalnya, ahli ekonomi ini baru saja terpilih sebagai Co-Chair dari the Cialition of Finance Ministers for Climate Action atau Koalisi Iklim periode 2021-2023. 

Dia menggantikan Menteri Keuangan Cile. Perempuan kelahiran Bandar Lampung ini terpilih lewat pemungutan suara yang diikuti para Menteri Keuangan dari 52 negara anggota koalisi untuk memilih satu di antara tiga kandidat, yakni Indonesia, Filipina, dan Uganda. 

“Indonesia dipercaya global mengarahkan dan menangani masalah perubahan iklim. Hal ini tidak lepas dari berbagai aksi nyata mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia selama ini”, kata Sri Mulyani, seperti dikutip dari Antara.

Kini, Indonesia akan menjalani tugas ini bersama Finlandia sebagai Co-Chair Koalisi. Liputan6 mewartakan, terpilihnya Sri Mulyani akan menambah exposure Indonesia sebagai negara dengan posis strategis dan perannya di dunia internasional usai ditetapkannya Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 dan Chairmanship ASEAN tahun 2023. 

Tak hanya itu, Liputan6 menulis, terpilihnya Indonesia menjadi co-chair Koalisi mengafirmasi kepercayaan komunitas aksi perubahan iklim global yang besar pada Indonesia.

 

 

Kiprah Sri Mulyani di Dunia Internasional

Nama Sri Mulyani tak asing di dunia internasional. Bagaimana tidak, perempuan tegas ini telah beberapa kali mendapatkan penghargaan internasional. Salah satunya, Finance Minister of the Year for East Asia Pacific tahun 2020 dari majalah Global Markets.

Bukan cuma sekali, Sri Mulyani juga pernah mendapatkan penghargaan yang sama tahun 2018. Glibal Markets saat itu menobatkannya menjadi Menteri Keuangan Terbaik. Langkahnya dinilai tepat saat mempertahankan reputasi keuangan  Indonesia saat itu. 

Namun, salah satu penghargaan yang sangat besar dia dapatkan di Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk kategori State Persons Awards yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tahun 2019 lalu. 

Piala penghargaan tersebut dia dapatkan karena dianggap berhasil melewati krisi ekonomi di Asia Tenggara pada 2007-2010. Juga, selama menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani memberikan kesempatan kerja yang adil dengan mengkampanyekan kesetaraan gender di tempat kerjanya. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading