Sukses

Lifestyle

Rentan Stres, Begini Tips Tepat Bawa Kucing ke Dokter Hewan

Fimela.com, Jakarta Diperkirakan 48 persen, pemilik kucing tidak membawa hewan peliharaannya ke dokter hewan untuk pemeriksaan kesehatan tahunan. Padahal, hal ini penting untuk menjaga kucing tetap sehat dan bahagia menjalani hari-harinya bersamamu.

Sayangnya, lolongan menyayat hati hingga desisan yang mengancam membuatmu kesulitan membawa anabul ke dokter hewan. Untuk menimalkan risiko stres pada kucing jajal beberapa tips jitu berikut ini.

Latih Menggunakan Carrier

Insting alami mendorong kucing untuk melarikan diri dan bertahan hidup, termasuk saat melakukan perjalanan ke dokter hewan. Mulai dari dimasukkan ke dalam kotak plastik, digiring masuk mobil, hingga pergi ke lingkungan asing. Rentan stres saat dibawa ke dokter hewan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membiasakan kucing dengan carrier, sebagai ruang yang aman dan nyaman.

Tinggalkan carrier dengan pintu terbuka selama beberapa hari dan letakkan mainan, kain, atau barang-barang yang sering digunakan oleh kucing. Pancing anabul masuk ke dalamnya dengan memberikan camilan dan biarkan keluar masuk hingga terbiasa. Baru ajak kucing untuk berjalan-jalan dalam carrier selama beberapa menit dan tingkatkan waktunya secara bertahap.

Bantu Beradaptasi

Berikan informasi pada dokter hewan tentang ketakutan kucingmu dan beri kucing waktu beberapa menit. Selain menyesuaikan diri dengan pemandangan, suara, dan bau baru, gunakan nada suara rendah dan lembut saat berbicara pada anabul. Tawarkan juga hal-hal yang disukai kucing mulai dari makanan maupun mainan favoritnya.

Setelah Sampai di Rumah

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan, hal terbaik yang bisa dilakukan di rumah adalah membiarkan kucingmu untuk bersantai. Terkadang anabulmu akan masuk ke ruang persembunyian favoritnya, tapi ada juga yang menunjukkan perilaku agresif seperti menggigit, mencakar, atau mendesis.

Ada baiknya mundur dan memberikan waktu bagi hewan peliharaanmu saat menunjukkan tanda-tanda seperti ekor yang melengkung tajam, telinga mengarah ke belakang, dan tanpa kontak mata. Biasanya kucing akan kembali tenang kurang dari 24 jam atau jika menunjukkan kondisi yang mengkhawatirkan bisa berkonsultasi pada dokter hewan.

Menyediakan makanan kucing yang memiliki aroma kuat bisa membantu mengatasi stres pada hewan peliharaan. Ada Muezza yang punya 4 varian rasa favorit kucing, seperti Tuna, Ocean Fish, Mackerel, dan Salmon. Selain disukai anabul, brand makanan kering ini dibuat dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern untuk menjamin kualitas nutrisi yang sehat dan seimbang.

Bebas bahan sintetik, Muezza bukan hanya membantu menjaga kesehatan kucing tapi juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Meskipun liur kucing tidak najis, memilih cat food berlabel halal membuatmu lebih leluasa merawat hewan peliharaanmu. Mulai dari membelasinya tanpa khawatir terjilat, membersihkan wadah makannya, mencari lokasi penyimpanannya, memegang makanannya, hingga membawanya saat bepergian.

Punya banyak keunggulan, berikan cat food terbaik dari Muezza yang bisa dibeli di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading