Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Manajemen Keuangan Bagi Pasangan Pengantin Baru

Fimela.com, Jakarta Pernikahan bukan hanya janji antara dua orang untuk hidup bersama selamanya, tetapi juga perubahan tanggung jawab, kebiasaan, preferensi, dan yang terpenting yakni keuangan. Kebiasaan uang yang biasa akan melihat perubahan besar setelah dirimu menikah, karena pilihan untuk membeli rumah, kebijakan perencanaan masa depan, investasi masuk ke dalam rumah tangga. Ini sangat memengaruhi perubahan gaya hidupmu yang terkait dengan kebiasaan finansial juga. Rencana keuangan yang terorganisir adalah cara yang baik untuk memulai masa depanmu dengan pasangan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang manajemen keuangan yang harus diketahui oleh setiap pasangan pengantin baru menikah.

1. Pahami Motivasi Tentang Uang Satu Sama Lain

Komunikasikan secara terbuka dengan pasanganmu tentang kebiasaan uang mereka. Ceritakan struktur uang keluargamu secara teratur. Menjadi transparan tentang masalah pengeluaran adalah kunci untuk tetap berpikiran terbuka dalam situasi apa pun yang dapat meningkat menjadi pertengkaran dan perselisihan mengenai masalah uang. Jika pasanganmu memiliki riwayat belanja berlebihan, diskusikan masalahnya dengan cara yang matang.

2. Rencakan Tujuan Keuangan

Menyusun rencana keuangan yang konstruktif memudahkan mitra untuk mengkomunikasikan pemikiran dan pendapat mereka tentang cara membelanjakan dan menghemat uang untuk kebutuhan. Diskusikan aspek perencanaan masa depanmu dan kerangka anggaran yang diperlukan untuk itu, seperti rumah yang lebih besar atau akun yang sepenuhnya didedikasikan untuk tabungan darurat.

3. Menjaga Aset

Kedua pasangan mungkin akan memiliki aset dan kewajiban dari keluarga mereka sendiri yang sekarang akan dipertahankan dalam pernikahan mereka. Ini mungkin termasuk mobil, investasi perkebunan, pinjaman atau bahkan hutang. Bersikap jujur ​​dan terbuka tentang aset akan membantu kalian berdua untuk bertindak sesuai dengan itu, dengan rencana keuangan yang terorganisir dengan baik. Ini selanjutnya akan mendukung tujuan dan prioritas keuanganmu.

4. Gabungkan Keuanganmu

Beberapa pasangan rela bergabung dengan keuangan mereka sementara yang lain suka memiliki tabungan terpisah hanya untuk diri mereka sendiri. Menggabungkan rekening bank dan laporan pajak akan membantu kalian berdua untuk mendaftarkan rekening yang seimbang di mana kalian berdua berkontribusi sama dan juga membagi semua pengeluaran. Ini tidak memungkinkan adanya ketidakberpihakan atau penipuan dalam hal apa pun karena kedua mitra bekerja sama untuk mencapai tujuan keuangan yang sama.

5. Menetapkan Anggaran dan Asuransi

Mengikuti kerangka anggaran bulanan akan membantumu mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan mengikuti kerangka kerja yang terorganisir. Melacak pengeluaran dan tabungan adalah cara terbaik untuk membangun kesamaan tujuan keuangan. Dirimu dan pasanganmu juga harus menyiapkan investasi kesehatan, perkebunan, dan lainnya untuk rencana masa depan/ pensiun.

Nah, berikut tadi beberapa hal yang perlu diketahui bagi pasangan pengantin baru tentang manajemen keuangan. Mengelola dan mengatur keuangan bersama pasangan memang diperlukan agar menghindari timbulnya masalah yang dapat menghancurkan hubungan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading