Sukses

Lifestyle

Redakan Nyeri Haid yang Menganggu dengan 5 Tips Ini

Fimela.com, Jakarta Sangat umum bagi perempuan merasakan ketidaknyamanan di sekitar perut, punggung bawah, dan paha saat sedang menstruasi. Selama menstruasi, otot-otot rahim Anda berkontraksi dan mengendur secara bergantian untuk membantu melepaskan lapisan dinding rahim yang meluruh.

Terkadang, perempuan akan mengalami kram di bagian perut atau biasa disebut dengan nyeri haid, beberapa orang juga mengalami mual, muntah, sakit kepala, atau diare.

Jadi di sini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Letakkan Bantalan Hangat

Jika kamu merasakan nyeri haid, buatlah bantalan hangat dengan menggunakan botol minum yang diisi dengan air hangat dan digulirkan di sekitar perut. Cara ini memang sederhana namun efektif, karena panas bisa meningkatkan aliran darah dan mengurangi rasan sakit. Atau kamu juga bisa mengurangi rasa nyeri dengan mandi menggunakan air hangat.

Berbaring

Saat nyeri haid terasa sangat menganggu, cobalah untuk mengatur posisi tidur dengan berbaring dan meletakkan bantal di bawah lutut atau berbaring miring dan mengangkat lutut ke dada. Ini dapat membantu meredakan tekanan punggung yang juga dapat membantu meredakan nyeri haid.

Melakukan Aktivitas Fisik Rutin

Berolahragalah secara teratur dapat membantu meringankan kram pada saat menstruasi. Dengan berolahraga tekanan darah akan semakin lancar, tubuh merasa hangat dan lebih rileks. Sehingga akan membuat haid menjadi lancar yang dapat mengurangi rasa nyeri pada saat haid

Mengatur Nutrisi Makanan

Pada saat menstruasi tubuh akan banyak kekurangan darah atau cairan, sehingga penting untuk memerhatikan asupan makanan pada saat haid. Agar tubuh tetap ternutrisi dengan baik, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E, seperti brokoli, makanan berprotein, seperti ikan dan daging, dan makanan yang mengandung vitamin B6, seperti beras merah. Dengan ternutrisi secara baik maka metabolisme dalam tubuh juga akan berjalan baik.

Kurangi Stres

Stres karena banyaknya pikiran atau merasa sedih berlebihan juga bisa menjadi pemicu munculnya rasa nyeri pada perut saat menstruasi. Karena itu sebaiknya buatlah pikiran agar lebih tenang pada saat menstruasi, bisa dengan mendengarkan musik, melakukan kegiatan yang disukai atau beristirahat yang cukup.

Untuk meredakan nyeri pada perut saat menstruasi juga bisa dengan cara melakukan pemijitan lembut di sekitar perut, mengoleskan minyak kayu putih, atau meminum beberapa larutan pereda nyeri, seperti jamu. Demikianlah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri pada perut saat menstruasi. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading