Sukses

Lifestyle

Kurang Tidur Saat Menstruasi Bikin Kulit Kusam, Mitos Atau Fakta Sih?

Fimela.com, Jakarta Istirahat di malam hari jadi waktu yang sangat berharga. Selain memulihkan kondisi tubuh agar tetap fit beraktivitas keesokan harinya, di momen ini juga tubuh melakukan regenerasi sel kulit. Sayangnya, di masa menstruasi, tidur yang nyenyak dan berkualitas jadi hal yang sulit didapatkan sebagian perempuan karena rasa cemas pembalut yang bocor.

Kondisi ini ternyata nggak hanya mempengaruhi produktivitas perempuan. Tapi, ada juga yang bilang kalau bisa membuat kulit kusam, lho. Sebenarnya mitos atau fakta sih?

30% Perempuan Mengalami Gangguan Tidur di Masa Menstruasi

Berdasarkan hasil riset dari National Sleep Foundation, 30% perempuan mengalami gangguan tidur selama masa menstruasi. Hal ini disebabkan saat mengalami momen tersebut, perempuan umumnya merasakan kecemasan berlebih yang menyebabkan sulit beristirahat di malam hari.

Data ini juga konsisten dengan hasil penelitian yang dilakukan Charm, di mana 38% responden mengalami gangguan tidur selama periode menstruasi. Sebanyak 9 dari 10 perempuan Indonesia mengaku kualitas tidur yang baik adalah penting. Namun, 6 dari 10 perempuan Indonesia mengaku terbiasa bangun tengah malam untuk mengganti pembalut karena khawatir bocor di malam hari.

 

Fakta: Kurang Tidur Bikin Kulit Kusam

Percaya nggak kalau kurang tidur bisa bikin kulit jadi kusam? National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur ideal 7 jam setiap hari. Kurangnya waktu istirahat di malam hari bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, salah satunya adalah kulit yang terlihat kusam dan penuaan dini.

Ternyata hal ini bukan hanya mitos semata lho. Menurut penelitian dari University of California, regenerasi sel kulit terjadi di malam hari saat kamu sedang tidur. Kulit berada dalam repair mode untuk mengganti sel kulit mati dengan yang baru dan memproduksi kolagen agar kulit tampak glowing.

Jadi, nggak heran jika waktu tidur yang terganggu terutama saat menstruasi bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. Mulai dari mempercepat penuaan dini, penurunan tingkat kelembapan yang membuat kulit kering, menurunkan sirkulasi darah dan elastisitas kulit, serta fungsi perlindungan kulit jadi kurang maksimal.

Perhatikan Kualitas Tidur Saat Menstruasi Itu Penting

Setiap perempuan berhak tampil cantik dan percaya diri, bahkan saat sedang dalam periode menstruasi sekalipun. Makanya, penting untuk memperhatikan kualitas tidur saat menstruasi, yang bisa dimulai dengan memilih pembalut yang tepat. Percayakan saja pada Charm Safe Night yang merupakan pembalut yang dciptakan khusus untuk malam hari dengan 3 jenis panjang sesuai kebutuhanmu, yaitu 29cm, 35cm, dan 42cm. Dilengkapi dengan bantalan serap yang mampu menyerap cairan hingga 12 jam. Nggak ada lagi deh bocor di malam hari, tidur lebih nyenyak, kamu pun bisa tampil glowing di pagi hari!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading