Sukses

Lifestyle

Menjaga Keutuhan Cinta, 5 Tips Cegah Hubungan Putus di Tengah Jalan

Fimela.com, Jakarta Menjaga keutuhan cinta bisa terasa lebih berat dibandingkan perjalanan awal membangun cinta. Dengan munculnya sejumlah masalah dan tanggung jawab baru, maka perlu komitmen dan kompromi yang kuat untuk menjaga hubungan bisa tetap langgeng. Pastinya kita tidak ingin hubungan putus di tengah jalan begitu saja.

Ada banyak sekali tips cinta yang bisa dipilih untuk menjaga keutuhan cinta. Berikut ini lima tips dan cara yang bisa dicoba untuk mencegah terjadinya putus hubungan. Bagi siapa saja yang ingin memaksimalkan upaya untuk mempertahankan hubungan tetap langgeng dengan cinta yang utuh, cara-cara ini bisa langsung dicoba.

1. Membangun Komunikasi dengan Sikap Terbuka dan Penuh Perhatian

Christine Scott-Hudson ahli psikoterapi berlisensi dan pemilik Create Your Life Studio, seperti yang dikutip dari laman bustle.com, mengutarakan bahwa banyak hubungan gagal dipertahankan karena pasangan tak merasa didengarkan, diperhatikan, dihargai, atau dicintai. "Setiap hubungan seharusnya menjadi rumah yang aman. Masing-masing pasangan harus merasa bahwa yang mereka ucapkan penting," kata Scott-Hudson. Untuk itu membangun kembali komunikasi yang sehat adalah langkah awal untuk menyelamatkan hubungan. Komunikasi yang dilakukan dengan sikap terbuka, saling mendengar, dan penuh perhatian sama lain sangat penting dimiliki oleh setiap pasangan.

2. Terbuka dan Berdamai dengan Luka Masa Lalu

Fokuslah pada rencana dan perjalanan ke depan. Bila terus mengungkit luka atau kesalahan yang pernah ada di masa lalu saat bertengkar, hubungan bisa makin sulit untuk dipertahankan. Maafkan yang telah lalu. Mungkin akan butuh proses untuk bisa benar-benar memaafkan. Tapi jika terus menyimpan dendam dan rasa sakit hati, hubungan pun bisa makin rentan putus di tengah jalan.

3. Memberi Sentuhan Penuh Cinta

Bagi yang sudah menikah, saling memberi sentuhan penuh cinta atau ciuman sangatlah penting. Dalam pernikahan, menurunnya kontak fisik bisa menyebabkan hubungan terasa makin renggang. Menurut Michelle Terry, LMC dari Next Chapter Counseling, ada satu cara simpel untuk kembali meningkatkan kedekatan. "Hal kecil yang bisa dilakukan pasangan setiap hari adalah ciuman enam detik," katanya. John Gottman, seorang peneliti hubungan yang terkenal telah membuktikan bahwa butuh waktu enam detik bagi otak kita untuk mengeluarkan endorfin. Melakukan ciuman enam detik setiap harinya bisa membantu memperbaiki hubungan suami istri.

4. Saling Memberi Ruang untuk Menikmati Waktu Sendiri

Adakalanya perlu juga untuk mengambil jeda. Membuat sedikit jarak agar kita bisa lebih memaksimalkan usaha membuat pikiran lebih jernih. Penting untuk tetap bisa saling memberi waktu untuk masing-masing pasangan bisa menikmatinya waktu sendiri. Entah dengan menekuni hobi, bertemu dengan rekan atau sahabat, atau bahkan menikmati aktivitas baru yang ingin dilakukan sendirian.

5. Saling Bertukar Cerita

Ini masih berkaitan dengan menjaga komunikasi yang baik. Saling bertukar cerita bisa menjaga kenyamanan dalam hubungan. Seperti ketika ada sebuah permasalahan yang dihadapi pasangan, coba posisikan diri kita pada posisinya. Beri ia ruang untuk mencurahkan semua isi hati dan perasaannya. Meningkatkan empati dapat menjadi cara ampuh untuk memperbaiki hubungan dan mencegah terjadinya perpisahan. 

Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan hubunganmu bisa senantiasa langgeng, ya. 

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Menemukan Belahan Jiwa yang Baru setelah Menikah, Harus Bagaimana?
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Cinta Baru akan Segera Datang dalam Hidupmu