Sukses

Lifestyle

Majukan Industri Halal Indonesia agar Tembus Pasar Global, Kemenperin Gelar Pameran Virtual ii-Motion 3-5 Juni 2021

Fimela.com, Jakarta Hijab fashion dan beauty menjadi salah satu tren yang tengah berkembang selama beberapa tahun terakhir. Hal ini seiring dengan perkembangan Halal lifestyle atau gaya hidup yang sesuai syariat Islam terus tumbuh dan banyak diikuti oleh kaum kekinian. Pertumbuhan yang signifikan juga terjadi di Indonesia, sebagai salah satu negara dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia.

Pertumbuhan industri lokal yang fokus pada produk halal juga semakin bertambah seiring dengan kondisi pandemi. Hal tersebut bisa menjadi peluang untuk meningkatkan pamor produk lokal, tapi juga merupakan tantangan untuk membawanya ke ranah global.  

Fenomena tersebut mendorong Kementerian Perindustrian RI merancang sebuah virtual event bertajuk ii-Motion 2021 atau Indonesia Industrial Moslem Exhibition yang akan digelar pada 3 - 5 Junil 2021 mendatang. “Lewat pameran ini, jalur ekspor produk halal Indonesia ke mancanegara bisa semakin terbuka, sehingga IKM akan semakin bersemangat,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

Jadi wadah yang menampilkan geliat IKM halal lifestyle, terutama dalam bidang fashion dan beauty di masa saat ini, intip dulu bocoran kemeriahan acaranya, yuk!

Usung Tema Indonesian Halal Industry Today

ii-Motion 2021 digelar oleh Kemenperin RI sebagai sebuah wadah promosi yang mempertemukan produsen lokal dengan pasar yang ada, baik di dalam maupun luar negeri. Mengangkat tema Indonesian Halal Industry Today, ii-Motion 2021 ingin menampilkan wajah Industri Kecil Menengah (IKM) Indonesia yang resilient dan telah melewati berbagai krisis yang menjadi tantangan dalam prosesnya.

Event ini juga mendorong IKM lokal agar sukses tembus pasar luar negeri, sesuai tagline mereka Local is The New Global. Lewat acara tersebut, pemerintah memberikan dorongan untuk meyakinkan bahwa IKM Indonesia mampu bermain dan memegang peranan penting dalam persaingan pasar Halal Industry, terutama yang berkaitan dengan fashion dan beauty.

Pameran Berbagai Produk Halal Lifestyle Lokal

ii-Motion 2021 akan digelar secara virtual untuk mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan dan penanganan pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini. Berbekal gadget di tangan, kamu bisa merasakan keseruan jelajah virtual zona 3D yang kasih pengalaman seperti memasuki pameran yang sesungguhnya.

Sama seperti pameran pada umumnya, kamu juga bakal bisa menjumpai pameran berbagai produk halal lifestyle dari IKM lokal. Mulai dari modest fashion, beauty, perhiasan dan aksesori, makanan dan minuman, hingga kitchenware & tableware. Setelah berkunjung ke booth pameran secara virtual, kamu bisa bertransaksi langsung melalui laman e-commerce masing-masing produk yang telah disiapkan.

Webinar dan Talkshow Inspiratif

Nggak hanya bisa melihat pameran produk modest fashion dan halal lifestyle, gelaran 3 hari tersebut juga akan menghadirkan webinar dan talkshow inspiratif yang bisa menambah pengetahuan baru tentang dunia IKM lokal, khususnya yang berhubungan dengan halal lifestyle.

Di hari pertama yaitu 3 Juni 2021, siapkan diri mengikuti webinar dengan topik Industri Halal dan Perkembangannya di Indonesia. Sementara itu di hari kedua yaitu 4 Juni 2021, webinar Akses Pembiayaan Syariah dan Talkshow bertajuk Fashion Business Talk akan menambah wawasan kamu.

Khusus hari terakhir, kamu bisa menyaksikan talkshow Mengangkat Potensi Unggulan Pangan Halal Lokal melalui inovasi. Catat tanggalnya mulai sekarang, jangan sampai ketinggalan!

Virtual Fashion Show, Demo Masak, Klinik Desain Kemasan & Merek Hingga Klinik HKI

Masih ada lagi agenda seru dari ii-Motion 2021 yang akan segera berlangsung. Virtual Fashion Show akan menghadirkan inspirasi padu padan modest fashion kekinian. Nggak ketinggalan juga inspirasi halal lifestyle lainnya dari Demo Makeup & Hijab, Demo Masak, sampai Demo Barista yang bisa jadi pengetahuan tambahan untuk menggeluti bisnis halal lifestyle masa kini. Untuk kamu yang baru memulai bisnis, bisa juga mencoba fasilitas dari Direktorat Jenderal Industri, Kecil, Menengah, dan Aneka yaitu Klinik Desain Kemasan dan Merek, serta Klinik Hak Kekayaan Intelektual.

Wah, banyak banget keseruan yang ditawarkan oleh ii-Motion 2021 yang akan datang, kan? Yuk, saatnya kamu juga turut mendukung dan berkontribusi memeriahkan ii-Motion 2021 agar industri halal lokal terus berkembang dan tembus pasar global! Info lebih lengkap tentang event langsung saja klik di sini. Pameran ini terbuka untuk umum dan bisa diakses siapa saja!

Loading
Artikel Selanjutnya
Wajib Tahu, Ini Cara Memilih Hewan Kurban Terbaik untuk Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Hukum Kurban Online dalam Islam, Ini Penjelasan Lengkapnya