Sukses

Lifestyle

Indonesia Darurat Kekerasan Seksual, Ini Pentingnya Pengesahan RUU PKS

Fimela.com, Jakarta The Body Shop Indonesia bersama Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) mengadakan Jurnalis Workshop : “Indonesia Darurat Kekerasan Seksual dan Pentingnya Pengesahan RUU PKS untuk Melindungi Warga Negara Indonesia Dari Kekerasan Seksual." Workshop ini bertujuan untuk mengedukasi jurnalis soal isu kekerasan seksual secara mendalam dengan bantuan narasumber dalam bidang tersebut serta melibatkan jurnalis Indonesia dalam gerakan #TBSFightForSisterhood untuk mengawal RUU PKS.

Catatan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) yang mengatakan bahwa dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia naik hingga 800 persen. Terlebih di saat pandemi Covid-19 melanda, kasus Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) meningkat selaras dengan peningkatan aktivitas di dunia digital. Lembar Fakta dan Poin Kunci Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2020 menunjukkan bahwa Kekerasan Berbasis Gender Online meningkat dari 126 kasus di 2019 menjadi 510 kasus pada tahun 2020. Bentuk kekerasan yang mendominasi adalah kekerasan psikis 49% (491 kasus) disusul kekerasan seksual 48% (479 kasus) dan kekerasan ekonomi 2% (22 kasus).

Sementara itu, media memiliki peran besar untuk memberikan pemberitaan ke publik. Bukan hanya itu saja, media juga memiliki kekuatan untuk mendorong publikasi isu ini agar mendapatkan atensi publik hingga mendapatkan proses hukum. 

Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia, Uni Lubis, mengatakan FJPI mendukung segera disahkannya RUU PKS. Pandemik COVID-19 menjadi momen krisis paling parah bagi perempuan dan anak, dan menyodorkan fakta-fakta menyedihkan. Situasi ini bisa dicegah jika ada aturan hukum yang menjamin keselamatan fisik dan mental perempuan dan anak perempuan. Workshop ini membekali jurnalis untuk meliput secara lebih berempati.

Sementara, Public Relations and Community Manager The Body Shop Indonesia, Ratu Ommaya, mengatakan The Body Shop® Indonesia berkolaborasi dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia untuk menjalankan peran advokasinya dengan merangkul berbagai pihak, termasuk rekan-rekan media dalam meningkatkan awareness masyarakat terhadap isu Kekerasan Seksual. Kami memerlukan dukungan dari rekan-rekan media dalam pemberitaan ke publik, termasuk bisa mendorong publikasi suatu isu hingga mendapat atensi publik hingga mendapatkan proses hukum. Dengan ini semoga akan tercapainya tujuan kita bersama, yakni pengesahan RUU PKS.

Pentingnya Pengesahan RUU PKS

Menurut CEO The Body Shop Indonesia, Aryo Widiwardhono, isu kekerasan seksual penting untuk didorong. Untuk itu, pihaknya melakukan kampanye Stop Sexual Violence karena Indonesia sudah darurat kekerasan seksual. 

"Kamu akan mengawal terus dengan semangat dan tekad perjuangan hingga RUU PKS disahkan. Kami menaruh harapan kepada rekan-rekan media untuk mengawal pemberitaan ke publik dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kekerasan seksual," ungkapnya. 

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kasus Pelecehan Seksual Pegawai KPI Jadi Alarm RUU PKS Harus Segera Disahkan
Artikel Selanjutnya
Korban Bukan Hanya Perempuan, Pentingnya Peran Laki-Laki untuk Mencegah Kekerasan Seksual