Sukses

Lifestyle

Minim Perawatan, Jangan Gagal Paham Cara Grooming Kucing Berbulu Pendek

Fimela.com, Jakarta Tak sedikit catlover yang memilih kucing berbulu pendek karena perawatannya yang lebih minim waktu maupun biaya. Memang tidak membutuhkan perawatan harian seperti anabul panjang, apalagi kebiasaannya untuk menjilati dirinya sendiri dianggap dapat menjaga bulunya relatif bersih. Tapi percaya atau tidak, bulu hewan peliharaan yang pendek pun rentan mengalami kusut sehingga tetap memerlukan rutin grooming.

Menyisir Bulu

Cara ini menjadi langkah paling awal dalam merawat kucing berbulu pendek. Selain mengurangi rontok, kebiasaan menyisir bulunya juga menghilangkan kusut dan menyingkirkan parasit yang ada di belakang telinga atau leher. Mulai dengan sentuhan lembut menggunakan sisir bergigi rapat dan selalu ikuti arah tumbuh bulu. Hati-hati saat memasuki area perut dan dadanya karena beberapa kucing super sensitif dan bisa jadi berbalik mencakar atau menggigitmu.

Memotong Kuku

Bagi kucing, menggunting kuku mungkin bukan kegiatan yang jadi favoritnya, apalagi jika dilakukan oleh orang asing atau cara yang salah. Bagi pemula, mulai dengan sesering mungkin menyentuh kaki atau telapak kakinya untuk membantu kucing menyesuaikan diri, hingga menganggapnya sebagai bagian dari rutinitas.

Gunakan gunting kuku khusus yang tajam untuk memotong ujung kukunya. Hati-hati agar tidak memotong area pada telapak kakinya yang berwarna merah muda dan selalu perhatikan pembuluh darah kecil yang ada pada kaki kucing.

Tetap Butuh Mandi

Dianggap jarang kusut, kucing berbulu pendek tetap perlu dimandikan meskipun tidak sesering anabul panjang. Cara ini akan membantunya menghilangkan semua kotoran, air liur, minyak, dan bulu yang rontok dan menjadikan bulunya harum, lembut, dan berkilau.

Bahkan ada beberapa ras kucing berbulu pendek namun lumayan lebat, sehingga harus sering dimandikan untuk mengurangi kerontokan dan mengurangi risiko hairball. Keuntungan lainnya, kamu bisa memeriksa masalah kulit atau kelainan fisik, sekaligu makin dekat dengan hewan peliharaanmu.

Cara Memandikan Kucing Berbulu Pendek

Cari tempat yang nyaman bagi kucing untuk dimandikan. Bisa di wastafel, ember, atau meletakkan keset kamar mandi berbahan karet sebagai pijakan yang aman bagi hewan peliharaan.

Basahi kucing dengan selang semprot atau gelas kecil untuk memudahkan mengontrol aliran air. Hindari menyemprotkannya langsung ke mata, hidung, dan telinga lalu pijatkan sampo ke seluruh tubuh hewan peliharaanmu. Bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk atau pengering rambut.

Bagi kucing, jadwal grooming apalagi yang dilakukan dengan kasar atau buru-buru bisa membuatnya trauma. Cegah aksi anabul dalam melancarkan cakaran atau gigitan, bahkan kabur dengan membuatnya merasa nyaman dan jika perlu berikan treat di akhir grooming.

Pilih cat food yang tepat seperti Muezza yang diolah dari bahan alami dengan teknologi modern. Bebas bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini membantu menjaga kesehatan kucing dengan asupan nutrisi yang seimbang.

Selain itu, Muezza juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand sehingga pemilik kucing tak perlu cemas memegang makanannya secara langsung, mencuci wadah makan tanpa rasa khawatir, hingga leluasa mencari lokasi penyimpanannya. Punya 4 varian rasa yang bisa dibeli di Shopee dan Tokopedia, yuk berikan makanan terbaik untuk kucing kesayanganmu. (*/eth)

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Pemilik Kucing Wajib Punya, Ini Daftar P3K untuk Bantu Rawat Anabul yang Kesakitan
Artikel Selanjutnya
Langkah Mudah Bantu Kucingmu Out of The Box dan Berpetualang di Alam Terbuka