Sukses

Lifestyle

6 Gerakan untuk Bantu Redakan Nyeri Lengan Setelah Vaksin COVID-19

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang mengalami efek samping berupa nyeri lengan usai melakukan vaksin COVID-19. Menurut laporan Nature pada Februari 2021 lalu, setelah menerima vaksin Pfizer-BioNTech, 75 persen orang mengalami rasa sakit di tempat suntikan. Setelah dosis kedua, 27 persen mengalami pembengkakan.

Perlu diketahui, nyeri lengan setelah vaksinasi merupakan hal yang normal. Menurut CDC, ketidaknyamanan pasca-vaksin adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan terhadap virus corona baru.

"Peradangan adalah bagian normal dari respons sistem kekebalan Anda untuk mengembangkan pertahanan," kata Rachel Volkl, PT, DPT, ahli terapi fisik di Rush University Medical Center di Chicago, dilansir Livestrong.

"Sistem kekebalan Anda mengaktifkan bahan kimia untuk membantu menanggapi vaksin COVID-19, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri di area suntikan," jelasnya.

Cara mengatasi nyeri lengan dengan 6 gerakan bahu

Untuk dapat mengurangi efek samping akibat vaksin Covid-19, CDC merekomendasikan dengan melakukan gerakan bahu yang lembut. "Mulailah latihan sebelum Anda mengalami nyeri otot untuk meminimalkan efek samping ini." saran Volkl.

Lakukanlah 5 hingga 10 repetisi untuk setiap gerakan kira-kira setiap jam selama satu hingga empat hari, hingga rasa sakitnya mereda. Anda dapat melakukannya hanya dengan lengan yang menerima suntikan maupun kedua lengan. Berikut 6 gerakan yang bisa Anda coba terapkan.

1. Putar bahu

- Rentangkan lengan Anda lurus ke samping setinggi bahu, dengan telapak tangan menghadap ke depan.- Putar lengan Anda secara perlahan membentuk lingkaran kecil ke belakang.- Lakukan semua repetisi, lalu ulangi dengan gerakan melingkar ke depan.

2. Tekan bahu

- Rentangkan lengan Anda lurus ke samping setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke depan.- Tekuk siku kedua lengan Anda seolah membentuk huruf 'U'- Perlahan tekan lengan Anda ke atas sampai siku Anda lurus.- Berhenti sejenak, lalu turunkan lengan Anda kembali secara perlahan ke posisi huruf 'U'.

3. Sideways Overhead Sweep

- Biarkan lengan Anda menggantung di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke depan.- Jaga siku Anda tetap lurus, perlahan-lahan gerakan lengan Anda ke bawah dan kemudian ke atas.- Berhenti sebentar, lalu turunkan lengan Anda kembali ke sisi tubuh secara perlahan.

Cara mengatasi nyeri lengan dengan 6 gerakan bahu

4. Forward Overhead Sweep

- Biarkan lengan Anda menggantung di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap tubuh Anda.- Jaga siku tetap lurus, perlahan gerakan lengan ke depan lalu ke atas.- Berhenti sebentar, lalu turunkan lengan Anda kembali ke sisi tubuh secara perlahan.

5. Side to Front Reach

- Rentangkan lengan Anda lurus ke samping setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke bawah.- Bawa lengan Anda ke depan sampai ibu jari Anda hampir bertemu.- Berhenti sebentar, lalu rapatkan bahu Anda untuk merentangkan lengan ke samping.

6. Wall Walk

- Berdirilah sekitar satu langkah kaki dari dinding. - Letakkan telapak tangan Anda pada ketinggian bahu, dengan siku ditekuk.- Perlahan geser atau jalankan tangan Anda ke atas dinding sampai lengan Anda terulur sepenuhnya.- Berhenti sejenak, lalu balikkan gerakan secara perlahan untuk mengembalikan tangan Anda setinggi bahu.- Ulangi di sisi lain, jika diinginkan. Jika bahu Anda sangat nyeri, Anda dapat meletakkan lengan lainnya di bawah siku untuk menopang.

Penulis: Hilda Irach

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading