Sukses

Lifestyle

Transaksi Digital Makin Mudah dan Aman dengan Deteksi Wajah

Fimela.com, Jakarta Teknlogi deteksi wajah kini tidak hanya digunakan untuk membuka kunci ponsel, melainkan juga melakukan transaksi digital. Dengan menggunakan deteksi wajah ini memungkinkan transaksi digital makin aman sekaligus mudah digunakan.

Dana menjadi dompet digital yang menggunakan teknologi ini untuk menyelesaikan transaksi dengan berswafoto. Teknologi baru yang digunakan Dana memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk menyelesaikan pembayaran sebuah transaksi. Teknologi yang disebut DANAVIZ (Visual Identity AutoriZation) ini menggunakan foto wajahnya tanpa perlu memasukkan PIN verifikasi saat hendak menyelesaikan transaksi digital.

“Hadirnya fitur ini merupakan wujud komitmen DANA untuk terus mengembangkan teknologi kami guna meningkatkan keamanan serta semakin memudahkan pengguna, sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi yang menyenangkan. Pengembangan teknologi VIZ (Visual Identity AuthoriZation) ini selaras dengan tiga pilar DANA yang mengedepankan kepercayaan pengguna lewat teknologi terdepan,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Verifikasi wajah menjadi bagian dari teknologi biometrik yang mampu mengotentikasi wajah manusia dari gambar digital atau bingkai video terhadap database wajah. Penggunaan teknologi deteksi wajah ini belakangan terus meningkat dan meluas yang menjangkau berbagai sektor.

 

Memanfaatkan teknologi deteksi wajah

Di industri pembayaran digital Indonesia, teknologi pengenalan wajah juga sudah digunakan namun umumnya baru sebatas verifikasi saat pengguna melakukan login aplikasi. Dalam aplikasi Dana, teknologi deteksi wajah ini sudah tersedia dalam fitur Face Login.

Lewat VIZ, Dana memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan verifikasi wajah tidak hanya untuk login aplikasi melainkan juga pembayaran tranaksi. Dengan demikian, transaksi menggunakan Dana semakin aman karena pengguna memiliki opsi baru untuk melindungi keamanan dana, data, dan transaksi pemiliknya.

Untuk memanfaatkan aplikasi, pengguna harus mengatur ulang Pengaturan Profil. Kemudian ketik Verifikasi Wajah untuk mengaktifkannya. Berikutnya, setiap transaksi pengguna akan diberikan pilihan untuk pembayaran berupa verifikasi wajah.

Pengguna hanya perlu mengarahkan kamera dengan berswafoto agar teknologi VIZ dapat dengan mudah mengidentifikasi wajah pengguna. Jika sukses, pembayaran akan otomatis berhasil.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading