Sukses

Lifestyle

Mengenal 6 Garda Depan Perempuan yang Berjuang selama Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Tidak terasa sudah setahun pandemi COVID-19 melanda di seluruh bagian dunia. Sejak WHO menyatakan COVID-19 sebagai pandemi, setiap sudut dunia telah merasakan dampak pandemi kepada masyarakat dari berbagai sektor.

Tanpa terkecuali beberapa tokoh perempuan serta anak perempuan dalam sains berada di garis depan untuk merespons. Mereka adalah petugas kesehatan dan inovator.

Mereka sedang meneliti vaksin dan perawatan perintis. Mereka menuntun kita menuju dunia yang lebih aman, dan menginspirasi generasi berikutnya untuk memiliki kekuatan yang baik dalam sains dan teknologi.

Tanggal 8 Maret ini, kita merayakan Hari Perempuan dan Anak Perempuan Internasional dalam Sains dengan menyoroti beberapa perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia yang telah memberikan kontribusi luar biasa selama krisis yang sedang berlangsung.

Dilansir dari unwomen.org, perempuan merupakan 70% dari pekerja kesehatan dan perawatan sosial. Ini menempatkan mereka di jantung respons COVID-19, meskipun mereka sering kurang terwakili dalam pengambilan keputusan dan kepemimpinan.

“Mengobati pasien dengan COVID-19 sangat sulit, masing-masing dengan kebutuhan uniknya sendiri,” kata Dr. Entela Kolovani, seorang dokter di rumah sakit penyakit menular di Tirana, Albania yang mulai merawat pasien yang didiagnosis dengan COVID-19 sejak awal pandemi.

Garda terdepan tidak hanya berurusan dengan virus, tetapi juga dengan dampak psikologis yang ditimbulkannya pada pasien. Mereka benar-benar terisolasi dari keluarganya dan harus berada sedekat mungkin dengan mereka yang terpapar virus.

Di Meksiko, 79% perawat adalah perempuan, seperti Brenda Abad. Dia ditugaskan untuk mendeteksi mereka yang mengidap COVID-19 pada hari pertamanya bekerja di rumah sakit umum.

“Awalnya saya sangat takut tertular penyakit dan menularkannya pada orang lain, tetapi pada akhirnya, Anda harus bekerja dan Anda dilatih untuk itu,” katanya.

 

 

Özlem Türeci

Salah satu pendiri perusahaan bioteknologi BioNTech, Özlem Türeci bukan hanya seorang ilmuwan tetapi juga seorang dokter, pengusaha, dan pemimpin dalam sektor kesehatan global. Pada tahun 2020, perusahaannya mengembangkan vaksin berbasis RNA pertama yang disetujui untuk melawan COVID-19, yang menjadi momen harapan yang sangat dibutuhkan di tahun krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Lebih dari 1.300 orang dari lebih 60 negara saat ini bekerja di BioNTech, dan lebih dari setengahnya adalah perempuan. Türeci mengatakan para peneliti harus fokus pada hal-hal yang ingin mereka ubah dan masalah yang ingin diselesaikan, berpikir lebih luas dan bermimpi besar.

Katalin Karikó

Ada banyak penemuan yang memungkinkan vaksin COVID-19, dan salah satu penelitian paling penting adalah penelitian Katalin Karikó, yang berfokus pada kemungkinan terapeutik mRNA. Namun, idenya bahwa mRNA dapat digunakan untuk melawan penyakit dianggap terlalu radikal, terlalu berisiko secara finansial untuk didanai pada saat itu.

Dia mengajukan permohonan untuk hibah, tetapi terus mendapatkan penolakan. Dia bahkan diturunkan dari posisinya. Namun, dia bersikeras. Akhirnya, Karikó dan mantan rekannya Drew Weissman mengembangkan metode penggunaan mRNA sintetis untuk melawan penyakit. Penemuan itu sekarang menjadi dasar dari vaksin Covid-19.

Anika Chebrolu

Saat perusahaan farmasi terbesar di dunia mengikuti perlombaan untuk mendapatkan vaksin COVID-19, ada satu penemuan oleh seorang ilmuwan perempuan muda yang berpotensi memberikan terapi untuk virus corona baru. Anika, seorang Amerika keturunan India berusia 14 tahun, telah memulai proyek sainsnya di kamar tidurnya ketika dia duduk di kelas delapan, awalnya mencari pengobatan untuk virus influenza.

Itu berarti mempelajari dan meneliti pandemi yang memengaruhi dunia sepanjang sejarah, sampai dia benar-benar mulai hidup melaluinya. Ketika wabah COVID-19 menyebar ke seluruh dunia, Amika mengubah persneling dengan bantuan mentornya untuk menargetkan virus penyebab COVID-19. Dia mengidentifikasi molekul utama yang secara selektif dapat mengikat protein lonjakan virus SARS-CoV-2 dan berpotensi menghambat virus corona baru. Pada Oktober 2020, Anika memenangkan 3M Young Scientist Challenge.

Megs Shah and Fairuz Ahmed

Sementara protokol kesehatan pasca COVID-19 menyebabkan isolasi dan perintah tinggal di rumah dalam waktu lama, banyak yang mendapati diri mereka terjebak dalam hubungan yang tidak aman atau lingkungan yang penuh kekerasan. Megs Shah dan Fairuz Ahmed menyadari perlunya teknologi baru untuk menjangkau mereka yang membutuhkan, dan memungkinkan organisasi penyedia layanan untuk benar-benar terhubung dengan para penyintas kekerasan dalam rumah tangga dan menangani kasus secara virtual.

Koperasi Parasol, yang didirikan oleh Shah dan Fairuz, bekerja untuk mendidik dan menghubungkan para penyintas dan mereka yang membutuhkan, serta penyedia layanan. Teknologi inovatif mereka, yang terinspirasi oleh pengalaman mereka sendiri dan diinformasikan oleh pekerjaan mereka dengan para penyintas, bertujuan untuk menawarkan kenyamanan dan pendidikan kelompok pendukung kepada populasi yang paling rentan yang terkena dampak kekerasan dalam rumah tangga.

Ramida “Jennie” Juengpaisal

Di Thailand, Ramida Juengpaisal, 24, bekerja untuk membuat pelacak COVID-19 nasional yang mengumpulkan semua informasi yang tersedia tentang virus dan membantu menghentikan penyebaran informasi yang salah saat COVID-19 pertama kali mulai menyebar. "COVID Tracker by 5Lab", yang dikerjakan Jennie, berbagi informasi tentang wabah dan prosedur pembersihan, serta informasi penting tentang di mana pengujian tersedia dan berapa biayanya.

"Sudah terlalu lama, bidang STEM telah dibentuk oleh bias gender yang mengecualikan perempuan dan anak perempuan," kata Jennie. Ada banyak perempuan yang bekerja di industri teknologi, tetapi mereka tidak memiliki platform untuk menunjukkan potensi mereka. Meskipun demikian, perempuan dan anak perempuan mendorong batasan setiap hari.

Kizzmekia “Kizzy” Corbett

Dr. Kizzmekia Corbett adalah salah satu ilmuwan terkemuka di balik penelitian vaksin Pemerintah AS. Corbett adalah bagian dari tim dalam National Institutes of health yang bekerja untuk mengembangkan salah satu vaksin yang lebih dari 90% efektif.

Mengakui kontribusi dan kepemimpinan Dr. Corbett dalam penelitian vaksin selama pandemi sangat penting, baik karena COVID-19 telah berdampak secara tidak proporsional pada komunitas kulit hitam di AS, dan karena sering kali wanita kulit hitam dalam sains tidak dimasukkan dalam buku sejarah.

Dr. Corbett berharap karya kritisnya akan membantu menginspirasi generasi gadis kulit berwarna di masa depan dalam sains, yang dapat melihat diri mereka sendiri dalam kesuksesannya.

 

Penulis: Adonia Bernike Anaya (Nia).

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading