Sukses

Lifestyle

Studi Membuktikan, Lakukan Ini Setelah Nonton TV Dapat Turunkan Risiko Perceraian

Fimela.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa merusak pernikahan hingga berujung perceraian, namun ada banyak hal juga yang ternyata bisa menjauhkan pernikahan dari perceraian. Salah satu hal yang ternyata bisa menjaga pernikahan dari perceraian adalah nonton tv bersama pasangan dan melakukan satu hal sederhana setelahnya.

Hal sederhana itu adalah membicarakan acara yang telah ditonton bersama pasangan. Sebuah penelitian meta-analisis yang diterbitkan dalam Journal of Contextual Behavioral Science menemukan bahwa menonton film atau TV dengan pasangan kemudian membicarakan isi acara tersebut bersama ternyata mampu menurunkan risiko perceraian.

Nonton film bersama bisa cegah perceraian

Fakta yang cukup unik ini ternyata memiliki dasar ilmiah yang masuk akal. Secara sederhana, mengobrol dengan pasangan sambil menonton acara di televisi merupakan bentuk dari interaksi dan komunikasi di dalam hubungan cinta. Secara tidak sadar, pasangan suami-istri akan menciptakan komunikasi alami dan terbuka yang melibatkan sudut pandang satu sama lain ketika membahas acara tersebut.

Studi yang dilakukan tahun 2013 itu mengamati 174 pasangan untuk melihat seberapa efektif aktivitas tertentu dalam meningkatkan hubungan mereka. Uniknya, ketika pasangan suami-istri diminta menonton film romantis atau acara TV kemudian membahas film tersebut setelah selesai menontonnya, dapat menurunkan risiko perceraian sebesar 12% dibandingkan pasangan yang tak pernah nonton bersama dan membicarakannya.

Bisa jadi, ketika seseorang dan pasangannya menghindari berbagi perasaan dan kekhawatiran tentang hubungannya, hampir tidak mungkin mereka akan menemukan solusi dari masalah yang mereka hadapi. Dengan mengomentari film romantis dan acara TV, secara kasual mereka bisa bertukar pandangan tentang apa yang mereka pikirkan tentang hubungan cinta.

Jadi, jika ingin menjaga pernikahan tetap utuh, sepertinya ada baiknya menjadwalkan nonton film bersama di rumah dengan pasangan mulai sekarang, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading