Sukses

Lifestyle

7 Tips Bangun Sahur Tepat Waktu di Awal Ramadan

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramdan telah tiba, seluruh umat Muslim di dunia melaksakan ibadah puasa selama sebulan lamanya. Sahur dan berbuka menjadi waktu atau kesempatan kita mengisi energi dengan asupan yang cukup. Terlebih sebelum menjalankan puasa, ada baiknya kita untuk bangun pagi dan sahur. Sahur dilakukan setiap pukul 3 pagi atau sebelum matahari terbit.

Bagun pukul 3 dini hari mungkin bisa menjadi hal yang membuatmu malas untuk bangun. Tak heran terkadang kita menemui beberapa orang yang tertinggal waktu sahur karena sulit untuk terbangun di jam tersebut. Tidak ada keraguan bahwa sebenarnya sangat sulit untuk bangun dari tempat tidur, jika dirimu baru tidur beberapa jam dan bahkan memiliki nafsu makan di pagi hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Sahabat Fimela agar tidak sepenuhnya kelelahan atau mengantuk saat menikmati sahur.

1. Tidur Lebih Awal

Di bulan puasa ini, mungkin sangat mudah bagi kita menghabiskan waktu untuk tidur larut malam. Akan tetapi sebisa mungkin cobalah untuk tidak melakukannya. Usahakan pada beberapa malam untuk tidur lebih awal dari biasanya jika tidak ada acara keluarga seperti buka bersama. Dengan begini, saat bangun untuk sahur, tubuhmu sudah diberi waktu istirahat yang cukup lama untuk bisa bangun dan melakukan sahur.

Tidur jam 1 malam hanya untuk bangun am 3 pagi lalu kembali tidur pukul 4.30 pagi, bisa sangat melelahkan bagi tubuh. Jadi berikan dirimu waktu tidur penting dari jam 10 malam sampai jam 3 pagi.

2. Gunakan Alarm

Dirimu cenderung tidak mengeklik tombol tunda jika jam alarm ditempatkan di seberang ruangan. Mungkin itu sulit dilakukan, tetapi dirimu harus melakukannya. Bangunlah untuk mematikannya agar dirimu tidak tergoda untuk kembali ke tempat tidur.

3. Hindari Minuman Berkafein Sebelum Tidur

Sangat menggoda untuk minum teh dan kopi di malam hari selama Ramadan. Banyak orang, yang terbiasa minum kafein di pagi hari, akan menyatakan kecintaannya pada kopi dengan meminumnya pada malam hari setelah buka puasa. Jika bisa, cobalah untuk menghindari minuman berkafein selama Ramadan.

4. Olahraga Secara Teratur

Hampir semua orang tahu bahwa berolahraga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah tidur yang lebih baik dan lebih awal. Berolahraga adalah cara terbaik bagi tubuh untuk bernapas dengan benar, mengurangi berat badan, yang sebenarnya membantumu tidur lebih nyenyak. Bahkan jalan cepat sebelum atau sesudah buka puasa, jika dilakukan secara konsisten, dapat meningkatkan energi dan memungkinkan tidur lebih nyenyak. Berolahragalah tepat sebelum buka puasa, atau sekitar jam 9 malam.

5. Jangan Makan Banyak Setelah Buka Puasa

Setiap malam, saat matahari terbenam dan kita mengakhiri puasa, kita makan makanan rendah karbohidrat yang seimbang. Tujuannya adalah menurunkan berat badan di bulan Ramadan, jadi setelah buka puasa, kita membuat keputusan tersulit dalam hidup dan melewatkan makanan penutup. Hanya buka puasa jam 7 malam dan minum air untuk sisa malam. Kedengarannya agak menyedihkan, tapi bisa dilakukan jika dirimu sudah terbiasa.

6. Jadikan Waktu Keluarga

Sangat tidak biasa bagi sebuah keluarga untuk terikat pada pukul 3.30 pagi, tetapi sebenarnya itu cara yang sangat menyenangkan untuk menikmati waktu keluarga yang lebih banyak. Tetapkan waktu sahur tertentu dan bangunlah bersama seluruh keluarga. Ini cukup efektif ketika dirimu memiliki sekelompok orang yang mencoba membangunkanmu, atau membuatmu bangun dari tempat tidur.

7. Bersemangat Tentang Sesuatu yang Ingin Dimakan

Sebelum dirimu tidur, pikirkan sesuatu yang akan menggairahkan dan membuatmu beranjak dari tempat tidur pada dini hari. Pilihlah menu yang menggugah seleramu untuk melaksanakan sahur.

Nah, berikut tadi beberapa tips yang dapat membantu Sahabat Fimela agar tidak malas bangun pagi untuk melaksanakan sahur. Penting bagimu untuk tidak tidur larut malam ya!

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading