Sukses

Health

5 Tips dan Resep Membuat Keripik Sayur Lezat Bebas Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Sayuran merupakan bahan makanan yang menyehatkan, yang bisa diolah dengan berbagai cara. Biasanya sayur diolah menjadi sop, jus sayur dan keripik sayur. Banyak orang sangat senang mengonsumsi camilan, seperti keripik sayur.

Keripik sayur adalah camilan yang bisa dinikmati kapan saja. Keripik sayur dianggap bisa membantu mengganjal perut yang lapar. Namun banyak orang tidak mau menikmati keripik, karena biasanya keripik digoreng menggunakan minyak, diberi garam dan penyedap rasa yang bisa membuat kolesterol naik.

Selain digoreng, sebenarnya keripik sayur bisa diolah dengan cara memanggang keripik di dalam oven. Membuat keripik sayuran dengan oven tidak akan merusak cita rasa sayuran, kandungan di dalam sayuran dan sangat aman dikonsumsi. Berikut tips membuat keripik sayur bebas minyak dan kolesterol:

Bahaya Mengonsumsi Makanan Berminyak

Minyak goreng adalah bahan masakan yang sering digunakan sehari-hari. Minyak goreng bisa membuat rasa makanan menjadi lebih gurih, krispi dan menggugah selera. Seperti keripik sayur yang digoreng dengan minyak. Namun terlalu sering mengolah makanan dengan minyak, sangat berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Minyak goreng bisa membuat radang tenggorokan, memicu kolesterol, penyakit jantung hingga stroke yang menyebabkan kematian. Selain itu, minyak goreng juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Karena minyak mengandung lemak yang menyebabkan kulit berminyak, memicu munculnya komedo dan jerawat di wajah.

Agar camilanmu tetap sehat dan aman dikonsumsi, kamu bisa mengonsumsi keripik camilan yang diolah tanpa menggunakan minyak. Keripik sayur biasanya terdiri dari sayur brokoli, bayam, seledri, kentang, buncis, kale dan lain sebagainya. Keripik sayur memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menahan napsu makan, meningkatkan suasana hati dan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Tips Membuat Keripik Sayur

1. Keripik Kangkung Panggang

Sayur kangkung memiliki kandungan vitamin C, kalsium dan zat besi. Tips membuat keripik kangkung yaitu dengan mencuci bersih kangkung berdaun lebar tanpa tulang dan batang, kemudian keringkan kangkung dengan tisu sampai kering, lalu tata sayur kangkung di atas loyang, kemudian percikkan minyak zaitun diatas sayur dan panggang selama 15 menit, di oven dengan suhu sampai 350° F.

2. Keripik Lemon Dill Zucchini

Zucchini atau courgette adalah sayuran yang terkenal bisa membantu menurunkan berat badan. Sayur ini bisa diolah menjadi keripik dengan cara mengiris zucchini dengan tipis dan campur dengan air perasan jeruk nipis dan garam, lalu panggang dengan panas 235 ° F selama 2 jam sampai renyah.

3. Keripik Bit Rosemary panggang

Bit memiliki kandungan serat yang tinggi, yang bisa membantu mencegah sembelit dan membantu usus memproses makanan. Cara mengolah bit menjadi keripik tanpa minyak adalah dengan mengiris bit tipis, percikkan minyak zaitun, garam dan rosemary, lalu panggang dengan suhu 375 ° F selama 20menit.

 

 

Tips Membuat Keripik yang Selanjutnya

4. Keripik Apel Kayu Manis

Selain sayur, kamu juga bisa membuat keripik buah, seperti buah apel yang kaya akan antioksidan dan baik untuk kesehatan. Cara membuatnya dengan mengiris tipis apel, susun di atas koyang dan taburkan bubuk kayu manis, panggang dengan suhu 200 ° F selama 2 jam.

5. Keripik Pisang Panggang

Tips membuat keripik tanpa minyak yang terakhir yaitu keripik pisang. Pisang memiliki rasa manis yang cocok dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan. Cara membuatnya dengan mengiris pisang tipis-tipis, lalu susun di atas loyang dan tetesi dengan air perasan lemon. Panggang pisang dengan suhu 225 ° F selama 3jam.

3 Resep Keripik Sayur Enak, Lezat dan Menyehatkan

Bahan-Bahan:

  • wortel segar
  • minyak zaitun
  • bubuk kari
  • garam dan lada bubuk sebagai perasa
  • minyak goreng

Cara Membuat

  1. Panaskan oven.
  2. Kupas wortel, potong tipis-tipis memanjang.
  3. Siapkan loyang panggangan, olesi dengan minyak goreng, letakkan potongan buah wortel.
  4. Beri percikan minyak zaitun, taburi dengan bubuk kari, garam, dan lada bubuk.
  5. Panggang dalam oven selama 10-12 menit atua hingga mulai berwarna kecokelatan.

2. Keripik Bayam

Bahan-Bahan

  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka
  • 60 lembar daun bayam segar
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 250 ml air

Bumbu Halus

  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1 cm kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt garam

Cara Membuat

  1. Campur tepung beras, tepung tapioka, kaldu bubuk, dan bumbu halus.
  2. Tuang air ke adonan. Aduk rata hingga semua bahan larut.
  3. Panaskan minyak goreng.
  4. Celupkan daun bayam ke adonan tepung. Goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Agar keripik bayam lebih renyah tahan lama, panggang keripik bayam yang sudah digoreng dalam oven sekitar 30 menit. Setelah uap panasnya hilang, keripik bayam bisa disimpan dalam stoples rapat.

3. Keripik Pare

Bahan:

  • 1 kg pare mentah
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdm garam
  • 300 gr tepung beras
  • 100 gr tepung tapioka
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu:

  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Air mendidih secukupnya
  • Air es secukupnya

Cara Membuat:

  1. Potong ujung-ujung pare, potong jadi dua, lalu keluarkan isinya. Iris tipis pare usahakan ketebalannya sama. Campurkan pare dengan 2 sdm garam. Tak perlu diremas agar bentuk pare tidak hancur. Diamkan selama 20 menit.
  2. Cuci bersih pare, kemudian peras. Ulangi beberapa kali agar rasa pahit berkurang atau hilang. Peras hingga airnya benar-benar tiris.
  3. Rebus air secukupnya, masukkan pare yang sudah dicuci hingga terendam seluruhnya dalam air panas. Biarkan 3 menit, lalu tiriskan.
  4. Masukkan pare ke dalam baskom berisi air es. Setelah hilang panasnya, peras lagi pare hingga benar-benar kering.
  5. Campurkan tepung beras, tapioka, kaldu bubuk, bawang putih bubuk dan garam, aduk hingga rata. Kocok telur lepas, beri garam, kocok lagi. Tuang ke dalam pare, aduk rata.
  6. Masukkan pare ke dalam tepung, ratakan dan pisahkan satu per satu. Panaskan minyak, ayak pare dari tepung yang berlebihan. Goreng pare hingga matang krispi renyah dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan di nampah yang sudah dialasi kertas koran atau minya agar minyaknya bisa berkurang.
  7. Jika sudah tidak panas, simpan di dalam wadah stoples tertutup agar tetap renyah.

Selamat mencoba dan semoga suka!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading