Sukses

Lifestyle

5 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi saat Sahur untuk Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Fimela.com, Jakarta Ramadan dianggap sebagai bulan tersuci dalam agama Islam. Para umat Muslim berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam. Secara global, semua Muslim berpartisipasi dalam menjalankan ibadah puasa ini. Bagi mereka, puasa merupakan bagian tak terpisahkan dari gaya hidup mereka karena merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Lima rukun Islam adalah Syahadat (iman), Sholat (sholat), Zakat (amal), Puasa,  dan Haji.

Sahur dan buka puasa adalah dua kesempatan untuk makan, sahurlah saat hendak menjalankan puasa dan berbukalah untuk membatalkan puasa. Sahur dilakukan sebelum matahari terbit atau imsak. Setelah watu imsak, kita pun harus mulai berpuasa untuk menahan haus dan lapar selama seharian. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat membantumu tetap berenergi dan terhidari selama menjalankan ibadah puasa seperti berikut.

1. Telur

Telur merupakan jenis makanan yang mengandung banyak protein, kaya akan vitamin dan nutri yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi telur akan membuatmu merasa lebih mudah kenyang. Sahabat Fimela dapat membuat menu makan sahur dengan beberapa olahan telur misalnya seperti omelet, telur orak-arik, telur rebus atau dapat juga membuat telur ceplok.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan kaya akan protein yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Makanan kaya protein memberimu banyak energi. Oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat yang menggugah selera. Sahabat Fimela bisa membuat smoothie oatmeal yang terdiri dari pisang dan susu. Ini akan membuatnya lebih enak dan beraroma.

3. Ikan

Usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena bisa menyebabkan kembung. Makanan yang digoreng adalah larangan besar. Itu hanya karena itu bisa membuatmu lebih mudah merasa haus. Karena kita perlu untuk menahan haus, ada baiknya untuk menghindari makanan yang berpotensi membuatmu lebih mudah merasa haus. Sahabat Fimela dapat membuat sup ikan atau tim ikan.

4. Buah dan Sayuran

Buah dan sayur mengandung banyak mineral dan vitamin yang membantu seseorang merasa lebih berenergi. Selain hanya minum air, seseorang perlu makan buah-buahan dan sayuran yang akan membantu mereka tetap terhidrasi. Beberapa contohnya adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, dan seledri. Sahabat Fimela bisa membuat salad yang akan menyatukan beberapa buah dan sayuran. Dengan ini, dirimu dapat menikmati manfaat menyehatkan sekaligus.

5. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang cukup dapat membuatmu merasa lebih mudah kenyang. Selain mengonsumsi kacang-kacangan utuh, dirimu dapat menikmati selai kacang yang dapat dinikmati dengan roti.

Ada baiknya tetap memperhatikan asupan gizi saat hendak melaksanakan ibadah puasa. Terlebih di tengah pandemi seperti ini, dirimu perlu memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Usahakan untuk tetap olahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading