Sukses

Lifestyle

Puty Puar Sosok Perempuan Hebat yang Berkarya untuk Memberdayakan Kaumnya

Fimela.com, Jakarta Di bulan April untuk menyambut Hari Kartini FIMELA menghadirkan deretan perempuan hebat. Sosok menginspirasi yang membawa banyak perubahan di sekitarnya. Karena perempuan kuat jika saling menguatkan.

***

Jika Sahabat Fimela suka dengan berbagai ilustrasi lucu dan menggemaskan, tentu tidak asing dengan berbagai karya dari Puti Karina Puar atau biasa dipanggil dengan Puty. Beberapa karyanya sering melintas di sosial media. Gaya ilustrasi yang unik dan menggemaskan, menjadi ciri khas tersendiri. Siapa sangka, sebelum menekuni kariernya sebagai ilustrator ia adalah seorang geologist.

Sekitar tahun 2014 Puty memutuskan untuk menekuni hobi yang ia jalani sejak kecil. Bahkan karya yang ia buat dilirik banyak brand ternama. Bahkan beberapa kali ia terlibat project film untuk pembuatan video lirik untuk original soundtrack. Mulai dari Imperfect hingga Dilan.

“Aku mulai suka menggambar sejak kecil. Kecintaanku pada Sailormoon sedikit memengaruhi gambar-gambar yang aku buat. Dari kecil aku juga mulai menjual gambar yang kubuat,” kenang Puty, saat ditanya awal mula terjun sebagai ilustrator.

 

Memutuskan untuk Total Berkarya Sebagai Ilustrator

Background Ayahnya yang bekerja di perusahaan migas membuat Puty memutuskan untuk kuliah di teknik. Lulus kuliah ia bekerja sebagai geologist hampir selama 5 tahun. Tahun 2014 Puty menikah, pada momen inilah ia berpikir untuk mengembangkan hobi menggambarnya.

“Tahun 2014 dimulai dengan membuat logo untuk UMKM dan akhirnya berkembang. Di sini aku mulai sadar ternyata, ilustrator banyak dibutuhkan. Dan pada tahun ini industri ini mulai berkembang,” jelasnya.

Saat dinyatakan hamil, Puty akhirnya memutuskan untuk resign dan total bekerja di rumah. Dari sinilah ia mulai banyak mendapat tawaran project. Salah satu project yang paling berkesan adalah saat ia diminta untuk membuat sticker untuk facebook.

Saat itu ia menyadari bekerja sama langsung dengan art director dari perusahaan besar adalah hal yang berbeda. Apalagi Puty diminta untuk mengenalkan Indonesia kepada seseorang yang benar-benar tidak tahu tentang Indonesia adalah hal yang membanggakan.

Membangun Komunitas Buibu Baca Buku Book Club

Selain aktif sebagai seorang ilustrator, Puty membuat komunitas Buibu Baca Buku Book Club. Tujuan Puty membuat komunitas ini adalah agar perempuan khususnya ibu-ibu bisa menjadi teman diskusi yang baik untuk pasangan. Serta mendidik anak agar tumbuh kecintaan pada buku.

“Agar anak suka membaca, ia butuh role model untuk menumbuhkan kebiasaan membaca,” jelasnya.

Ketika seorang ibu suka membaca, maka ia akan memberi contoh penting dan manfaat membaca bagi anak-anaknya. Selain itu, ia memahami manfaat pentingnya membaca. Ia jadi memiliki banyak inspirasi dan ide.

Pesan Puty untuk Perempuan Hebat di Luar Sana

Di akhir wawancara, Puty menyampaikan pesan untuk perempuan hebat lainnya di luar sana;

“Perempuan Indonesia, mari mulai untuk lebih memahami diri dan mengingat kembali tujuan kita. Tanpa tujuan yang pasti, akan sulit untuk memanfaatkan kesempatan yang ada di era digital ini.”

Memanfaatkan kesempatan dan memahami potensi diri akan membuat kita lebih tahu cara untuk mencapai tujuan. Kisah Puty yang bermula dari geologis dan akhirnya memutuskan untuk fokus menjadi ilustrator, serta memberdayakan perempuan lain dengan mendirikan komunitas membaca sangat menginspirasi.

Well, siapa pun kamu, kamu adalah perempuan yang hebat. Selamat Hari Kartini, Sahabat Fimela.

***

Buat Sahabat Fimela yang ingin memberi hadiah untuk #PerempuanHebat versimu, ikuti kuisnya di instagram FIMELA berikut ini.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading