Sukses

Lifestyle

Palung Mariana Jadi Palung Laut Terdalam di Dunia, Ini Faktanya

Fimela.com, Jakarta Kehidupan di bawah laut selalu memiliki keunikan sendiri tergantung kedalamannya. Namun jika ditanya di manakah laut terdalam di dunia, jawabannya adalah Palung Mariana. Palung Mariana sendiri berada di lautan Pasifik Utara bagian barat dan memiliki titik paling menghujam di dunia.

Sebagian besar palung laut ini berada di timur dan selatan Kepulauan Mariana. Sehingga bagian ini terhubung dengan sistem palung Samudra Pasifik bagian barat yang bertepatan dengan batas dua lempeng konvergen. Palung Mariana memiliki luas sekitar 2.540 kilometer dengan lebar 569 kilometer.

Kedalaman dari Palung Mariana mencapai lebih dari 10 km atau 10.984 meter yang menjadikannya disebut Challenger Deep. Bahkan kedalamannya mengalahkan ketinggian Gunung Everest yang memiliki ketinggian yang tidak biasa. Jika disandingkan, puncah gunung Everest masih berada lebih dari satu mil di bawah air dibanding Palung Mariana.

Dengan kedalaman yang menghujam tersebut, tekanan air di Palung Mariana bisa mencapai 15.750psi atau sekitar 1000 kali tekanan air laut standar. Sementara temperatur di Palung Mariana bisa mencapai 1 derajat Celsius karena tidak ada sinar matahari yang dapat menembus kedalaman palung ini.

 

Penghuni palung laut terdalam di dunia

Tekanan air laut dan suhu yang tidak biasa membuat Palung Mariana dihuni oleh jenis makhluk hidup yang unik. Seperti Mariana Snailfish yang berhasil ditemukan ilmuwan di kedalaman 7.966 meter.

Mariana Snailfish dikenal sebagai penghuni laut terdalam dunia. Padahal sebelumnya para ilmuwan hanya menemukan mikroba dan organisme kecil. Secara fisik, bentuk dari Mariana Snailfish ini memiliki bentuk yang aneh dengan penampilan yang transparan dan berwarna merah muda. Spesies ikan ini bahkan tidak memiliki sisik dan gigi besar.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading