Sukses

Lifestyle

Alasan Kamu tidak Boleh Pergi Belanja saat sedang Lapar

Fimela.com, Jakarta Sering belanja ketika perut sedang lapar? Sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan ini. Sebab, berbelanja dengan perut kosong bisa memicu seseorang kalap belanja.

Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan oleh Prosiding National Academy of Sciences telah mengaitkan rasa lapar dengan keinginan untuk membeli barang-barang non-makanan. Dengan kata lain, perut kosongmu mungkin menjadi penyebab kamu boros.

Penelitian tersebut melibatkan 379 relawan yang mengambil bagian dalam lima eksperimen perilaku. Hasilnya menunjukkan kelaparan berdampak langsung pada berapa banyak barang yang dibeli seseorang, bahkan barang tersebut tidak ada kaitannya dengan makanan.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Natalie Beck, ahli diet terdaftar dan pendiri Full Belly Nutrition mengatakan saat kita merasa lapar, kita bisa menjadi kurang fokus dan hanya berpikir bagaimana cara memuaskan rasa lapar itu. “Inilah yang mengakibatkan kita membeli sesuatu yang tidak sehat atau membeli sesuatu yang bukan makanan,” kata dia, dilansir Healthline.

Salah satu eksperimen dalam penelitian ini melibatkan analisis kuitansi pembeli yang keluar dari department store. Data dari kuitansi menunjukkan bahwa mereka yang belanja dengan perut keroncongan tidak hanya membeli lebih banyak barang non-makanan daripada mereka yang kenyang, tetapi pembeli yang kelaparan juga menghabiskan lebih banyak uang.

"Jika Anda khawatir akan menghabiskan terlalu banyak uang, Anda mungkin lebih baik pergi belanja setelah makan siang daripada sebelum makan siang," kata Schwarz.

 

Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Alison Jing Xu, penulis lain dari studi tersebut dan seorang profesor pemasaran di Sekolah Manajemen Carlson Universitas Minnesota, mengatakan sangat penting menjaga waktu makan yang teratur agar tidak membuat keputusan yang terburu-buru karena rasa lapar.

“Jika Anda harus membuat keputusan dan Anda merasa lapar, waspadalah terhadap kemungkinan Anda menghabiskan lebih banyak uang daripada sebaliknya. Anda mungkin bisa mengambil keputusan yang lebih rasional saat Anda tidak lapar," katanya.

Oleh sebab itu, Natalie Beck merekomendasikan untuk makan camilan sebelum menjalankan tugas atau berbelanja. Jenis makanan yang bisa kamu konsumsi di antaranya kombinasi lemak, protein, dan karbohidrat.

“Lengkapi pula dengan makanan ringan seperti irisan buah-buahan, kacang-kacangan, granola bar, atau yogurt tanpa pemanis," saran Natalie Beck.

 

*Penulis: Hilda Irach.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading