Sukses

Lifestyle

5 Tips Memilih Janur yang Baik untuk Membuat Ketupat

Fimela.com, Jakarta Ketupat merupakan salah satu menu lebaran yang pastinya dinantikan banyak orang. Mendekati lebaran pasti sudah banyak orang yang menjual janur ketupat, baik dalam bentuk lembaran masih belum dianyam maupun yang sudah dianyam.

Memilih kulit ketupat pun sebenarnya menentukan apakah ketupat yang dimasak akan tampak cantik dan enak disantap. Berikut ini sekian tips memilih janur yang baik untuk membuat ketupat.

1. Berwarna kuning muda

Sebaiknya pilih janur yang berwarna kuning muda. Janur yang bagus umumnya berwarna kuning terang dan bersih. Janur kuning akan membuat ketupat yang dimasak berwarna putih bersih. Hindari memilih janur yang masih hijau karena akan membuat ketupat berwarna kecoklatan atau kemerahan.

2. Sudah dianyam

Daripada repot mengayam sendiri, pilih janur yang sudah dianyam bentuk ketupat sehingga tinggal mengisi atau menggunakannya saja saat sudah di rumah. Ketupat anyam lebih praktis dan mudah diolah.

3. Tidak longgar

Sebaiknya pilih janur yang tidak terlalu longgar anyamannya agar beras yang dimasukkan tidak keluar atau bocor. Ketika dimasak, ketupat yang rapat anyamannya juga lebih padat hasilnya sehingga hasil ketupat lebih bagus.

4. Ukuran yang sama

Pilih ukuran ketupat yang sama besar sehingga ketika memasak bisa matang merata dan menyeluruh. Jika memang ada sebagian yang ukurannya besar dan sebagian kecil, usahakan memasak dalam waktu yang relatif lama sehingga ketupat yang besar matang sempurna.

5. Masih segar

Usahakan membeli ketupat yang masih segar, jangan yang mulai layu atau malah kering karena tidak akan menghasilkan ketupat yang baik ketika diolah.

Itu dia sekian tips memilih dan membeli janur yang baik untuk membuat ketupat lebaran yang sempurna. Semoga bermanfaat dan sajikan menu lebaran terbaik untuk keluarga ya!

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading