Sukses

Lifestyle

Mengurangi Berat Badan dan Membangun Sel Darah, Ini adalah 4 manfaat Klorofil Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Klorofil berperan penting dalam membuat tanaman menjadi hijau dan sehat. Ia juga memiliki vitamin, antioksidan, dan sifat terapeutik yang berpotensi bermanfaat bagi tubuh Kamu.Kamu bisa mendapatkan klorofil dari tumbuhan atau suplemen, meskipun suplemen tersebut mungkin lebih efektif. Ini karena klorofil mungkin tidak bertahan dalam pencernaan cukup lama untuk penyerapan.

Suplemen klorofil sebenarnya adalah klorofilin, yang mengandung tembaga, bukan magnesium. Ketika dosis klorofilin diambil, tembaga dapat dideteksi dalam plasma, yang berarti telah terjadi penyerapan.Untungnya, klorofilin memiliki sifat yang mirip dengan klorofil. 

 Saat kamu berbelanja suplemen klorofil, kamu mungkin memperhatikan bahwa manfaat yang dipasarkan :  

merangsang sistem kekebalan tubuh 

menghilangkan jamur di tubuh

detoksifikasi darah Anda

membersihkan usus Anda

menghilangkan bau tak sedap

memberi energi pada tubuh

mencegah kanker

 

4 manfaat klorofil bagi kesehatan dan penjelasannya

Merawat dan Mengurangi Peradangan Kulit 

Klorofil  telah menunjukkan kemungkinan efek untuk mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka kulit.

Review penelitian perawatan luka tahun 2008 melibatkan beberapa studi tentang salep yang mengandung papain-urea-chlorophyllin. Sementara studi individu menemukan salep ini lebih efektif daripada perawatan lain, pengulas mencatat bahwa studi yang lebih besar dan terkontrol lebih baik diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Klorofilin mungkin juga efektif untuk kondisi kulit lainnya, sebagaimana dibuktikan oleh hasil dari dua studi percontohan. Studi percontohan adalah studi pendahuluan skala kecil yang dilakukan sebelum studi atau uji coba yang lebih besar.

Sebuah studi percontohan 2015 dari 10 orang dengan jerawat dan pori-pori besar mengalami perbaikan kulit ketika gel klorofilin topikal digunakan selama 3 minggu.

Studi percontohan 2015 lainnya, yang juga melibatkan 10 orang, menemukan bahwa menggunakan klorofilin topikal selama 8 minggu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Membangun Sel Darah 

Beberapa orang berpendapat bahwa klorofil cair dapat membangun sel darah dengan meningkatkan kualitas sel darah merah.Sebuah studi percontohan tahun 2004 menunjukkan bahwa rumput gandum, yang mengandung sekitar 70 persen klorofil, mengurangi jumlah transfusi darah yang dibutuhkan pada orang dengan talasemia, kelainan darah.

Detoksifikasi dan Mencegah Kanker

Para peneliti telah melihat efek klorofil dan klorofilin pada kanker.

Satu penelitian pada hewan pada ikan trout menemukan bahwa, tergantung pada dosisnya, klorofil mengurangi kejadian tumor hati sebesar 29 hingga 63 persen dan tumor perut sebesar 24 hingga 45 persen.

Sebuah studi 2018, Trusted Source menilai efek klorofil pada pertumbuhan sel kanker pankreas.Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi klorofil oral setiap hari secara signifikan mengurangi ukuran tumor pada tikus yang telah ditransplantasikan dengan sel kanker pankreas manusia.

Sementara hasil penelitian pada hewan menjanjikan, baru-baru ini ada uji coba pada manusia. Sebuah penelitian kecil terhadap empat sukarelawan menemukan bahwa klorofil dapat membatasi aflatoksin yang tertelan, senyawa yang diketahui menyebabkan kanker.

Hal ini sejalan dengan studi lama, Trusted Source dari China di mana konsumsi klorofil pada setiap makan menyebabkan penurunan biomarker r aflatoksin 55 persen dibandingkan dengan plasebo.

Dengan demikian, uji klinis di China akan melihat efek klorofil pada kanker hati selama 20 tahun, menurut International Business Times.

Percobaan juga sedang direncanakan untuk memeriksa bagaimana diet kaya klorofil dapat memengaruhi risiko kanker usus besar. Pola makan seperti itu akan melibatkan peningkatan asupan sayuran hijau seperti bayam dan peterseli.

 Menurunkan Berat Badan 

Salah satu klaim paling populer yang terkait dengan klorofil cair adalah dukungan penurunan berat badan. Namun, penelitian tentang topik ini saat ini sangat terbatas.

Sebuah studi tahun 2014 yang melibatkan 38 partisipan wanita menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen membran tumbuhan hijau, yang termasuk klorofil, sekali sehari mengalami penurunan berat badan yang lebih besar daripada kelompok yang tidak mengonsumsi suplemen tersebut.Para peneliti juga menyarankan bahwa suplemen tersebut mengurangi kadar kolesterol berbahaya. Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading